Info

Tingkatkan Keselamatan Berkendara saat Liburan dengan 5 Langkah Berikut

Gunakan sabuk pengaman, helm, dan perhatikan kecepatan.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi liburan. (pixabay)
Ilustrasi liburan. (pixabay)

Himedik.com - Liburan adalah saat untuk bersenang-senang dan memanjakan badan serta pikiran. Sayangnya, liburan juga menjadi saat di mana banyak kecelakaan terjadi.

Alih-alih bersenang-senang, keluarga orang yang terlibat kecelakaan akan dirundung kesedihan. Tidak mau bukan?

Supaya kamu dan orang-orang yang kamu sayangi terhindar dari kecelakaan, yuk tingkatkan keselamatan berkendara dengan lima langkah berikut.

1. Selalu gunakan sabuk pengaman

Sebanyak 6 dari 10 kematian di jalan bisa dihindari jika sabuk pengaman dipakai. WHO merekomendasikan sabuk pengaman anak untuk usia di bawah 4 tahun dan kursi pendorong untuk usia di atasnya hingga 10 tahun atau tinggi 135 cm.

2. Batasi konsumsi alkohol

Tingkat konsumsi alkohol yang rendah dikaitkan dengan peningkatan risiko kecelakaan, baik itu hanya dengan berjalan kaki, berkendara dengan roda dua atau empat.

Ilustrasi minum minuman beralkohol. (pixabay)
Ilustrasi minum minuman beralkohol. (pixabay)

Lebih baik cari aman dengan tidak minum alkohol saat mengemudi atau sebelum mengemudi. Namun, jika terpaksa minumlah sebatas yang disarankan.

3. Gunakan helm

Sebanyak 4 dari 10 kematian pengendara sepeda dan sepeda motor dapat dicegah jika menggunakan helm dengan benar. Di banyak negara berpenghasilan rendah dan menengah, setengah dari pengendara motor dan sepeda terluka atau meninggal di jalan, dengan cedera kepala merupakan penyebab utama kematian.

4. Perhatikan kecepatan

Sudah banyak rambu lalu lintas yang memberi peringatan berapa seharusnya kecepatan pengemudi. Jangan langgar itu karena ada banyak nyawa di jalan.

Ilustrasi kecepatan. (pixabay/Fotorech)
Ilustrasi kecepatan. (pixabay/Fotorech)

5. Hindari hal-hal yang bisa mengalihkan perhatian

Mengemudi sambil menggunakan smartphone dapat membuat perhatianmu ke jalan teralihkan. Hindari itu dan jika lelah segera beristirahat.

Itulah lima langkah meningkatkan keselamatan berkendara di jalan. Selama pergi liburan, selalu berhati-hati di jalan, ya.

Berita Terkait

Berita Terkini