Info

Tahun Baru Sebentar Lagi, Bagaimana Kabar Penduduk Palestina?

Sebanyak 1,2 juta warga Palestina membutuhkan bantuan kemanusiaan. Tanpa dana untuk intervensi, kesehatan mereka akan memburuk.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Palestina. (pixabay/hosny_salah)
Palestina. (pixabay/hosny_salah)

Himedik.com - Perang di Palestina seakan tak berujung. Permasalahan yang terjadi di sana telah menjadi sorotan di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Sudah banyak kerugian materi dan nonmateri yang dialami rakyat Palestina. Kesehatan mereka pun tentunya menjadi masalah utama yang harus selalu diperhatikan.

Dilansir dari laman WHO, WHO dan mitra kesehatan lain membutuhkan setidaknya sebanyak 32 juta dolar Amerika untuk memenuhi kebutuhan kesehatan akut dari komunitas paling rentan di wilayah Palestina yang dijajah.

Sebanyak 1,2 juta warga Palestina membutuhkan bantuan kemanusiaan. Tanpa dana untuk intervensi, kesehatan mereka akan memburuk.

Sejak 30 Maret 2018, lebih dari 25.000 warga Palestina terluka dan lebih dari 250 orang tewas. Central Drug Store dari Kementerian Kesehatan di Gaza mengalami kekurangan paling parah pada obat-obatan esensial sejak tahun 2014.

Sekitar 52.000 orang, yang mana setengah dari mereka adalah anak-anak, membutuhkan pengobatan kesehatan mental dan dukungan psikososial sebagai akibat dari ketegangan yang terus berlangsung di Gaza.

Palestina. (pixabay/hosny_salah)
Palestina. (pixabay/hosny_salah)

Tak hanya itu, akses layanan kesehatan bagi warga Palestina di Tepi Barat juga terhambat. Hal itu dikarenakan jarak rumah sakit yang jauh dibarengi dengan terbatasnya transportasi, hambatan fisik, serta rezim zonasi yang diskriminatif.

''WHO dan mitra kesehatan kemanusiaan sedang berjuang untuk memenuhi kebutuhan kesehatan esensial dari orang-orang di wilayah Palestina yang dijajah. Kami prihatin bahwa tanpa dukungan dari komunitas pendonor internasional, ribuan warga Palestina tidak akan dapat mengakses layanan yang menyelamatkan jiwa,'' kata Dr Gerald Rockenschaub, Kepala kantor WHO untuk Tepi Barat dan Gaza.

Rencana kesehatan untuk tahun 2019 mendatang, memprioritaskan bantuan bagi orang-orang yang membutuhkan intervensi penyelamatan jiwa. WHO juga berupaya membangun ketahanan sistem kesehatan demi mengatasi peristiwa darurat akut dengan lebih baik. Ini memungkinkan WHO dan mitra kesehatan untuk memberikan respons yang terarah dan lebih fokus.

Rencana Tanggap Kemanusiaan 2019 untuk wilayah Palestina yang dijajah telah diluncurkan pada 17 Desember 2018 lalu. Program itu meminta bantuan dana sebanyak total 350 juta dolar Amerika guna menyediakan makanan pokok, perlindungan, perawatan kesehatan, tempat tinggal, air dan sanitasi untuk memenuhi kebutuhan utama Komunitas Palestina yang paling rentan.

Berita Terkait

Berita Terkini