Info

3 Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh, Tertarik Coba?

Menyantap makanan tinggi protein bisa bantu meningkatkan metabolisme lho.

Dany Garjito | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Telur sumber protein. (pixabay)
Telur sumber protein. (pixabay)

Himedik.com - Seberapa cepat tubuh membakar kalori tergantung pada beberapa hal, tapi sebagian orang memiliki kemampuan metabolisme yang cepat. Umumnya, pria cenderung membakar lebih banyak kalori daripada wanita, bahkan saat istirahat.

Namun, bagi kebanyakan orang, metabolisme melambat setelah usia 40 tahun. Tak perlu khawatir, kamu masih bisa kok meningkatkan metabolisme dengan cara di bawah ini.

1. Meningkatkan olahraga

Semakin tinggi intensitas olahraga, semakin besar peningkatan yang diperoleh. Tak perlu latihan berat, kamu bisa melakukan senam ringan seperti aerobik.

Namun, untuk mendapatkan hasil maksimal cobalah ikut kelas gym atau lakukan jogging secara rutin.

2. Minum air

Bahkan ketika hanya mengalami dehidrasi ringan, metabolisme tubuh bisa menjadi lambat. Hal ini karena tubuh membutuhkan air untuk memproses kalori.

Dalam sebuah penelitian, orang dewasa yang minum sebanyak 8 gelas atau lebih air dalam sehari membakar lebih banyak kalori dibandingkan dengan mereka yang hanya minum 4 gelas.

Air putih. (pixabay)
Air putih. (pixabay)

Namun, selain air kamu juga bisa cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan buah-buahan atau sayuran segar yang banyak mengandung air.

3. Makan makanan tinggi protein

Tahukah kamu bahwa tubuh membakar lebih banyak kalori yang berasal dari protein daripada karbohidrat dan lemak? Maka dari itu coba ganti beberapa asupan karbohidrat dan lemakmu dengan makanan tinggi protein supaya metabolisme meningkat.

Sumber protein yang baik untuk disantap di antaranya ikan, ayang daging putih, produk susu rendah lemak, telur, kalkun, dan daging sapi tanpa lemak.

Nah, itulah 3 cara meningkatkan metabolisme. Kamu yang lagi diet wajib coba nih supaya makin banyak kalori yang terbakar.

Berita Terkait

Berita Terkini