Info

Hentikan 5 Kebiasaan Ini Jika Tak Mau Perut Buncit

Waduh, ada yang sering kamu lakukan nih!

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Ilustrasi lemak perut. (pixabay)
Ilustrasi lemak perut. (pixabay)

Himedik.com - Semua orang pasti tak ingin memiliki perut buncit. Pasalnya ini membuat kita tidak percaya diri dan juga bisa mengindikasikan adanya beberapa penyakit.

Sayangnya tanpa kamu sadari, ada banyak hal yang kamu lakukan setiap hari yang bisa membuat perut buncit. Berikut beberapa kebiasaan yang membuat perut buncit.

1. Makan terlalu cepat

Ilustrasi makan larut malam (gazetadita)
Ilustrasi makan larut malam (pinterest)

Makan dengan cepat bisa membuat perut kembung. Ini karena kamu menghirup banyak oksigen saat kamu makan terlalu cepat. Ini juga bisa membuat pencernaan bermasalah.

2. Stres berlebihan

Ilustrasi stres. (pixabay)
Ilustrasi stres. (pixabay)

Stres tentu tidak hanya mengakibatkan masalah kesehatan mental, tapi juga kesehatan fisikmu. Stres bisa mengubah  pergerakan aliran darah dari saluran pencernaan. Efeknya jika ini sering kamu alami maka perutmu bisa terlihat buncit.

3. Tidak cukup tidur

Begadang pemicu infeksi jamur. (unsplash)
Begadang pemicu infeksi jamur. (unsplash)

Kurang tidur bisa membuat kamu ingin makan, lagi dan lagi. Ya, rasa lapar yang kerap menghantui di saat jam begadang bisa membuat kamu banyak makan makanan karbohidrat.

4. Duduk seharian

Ilustrasi duduk terlalu lama saat bekerja. (livestrong.com)
Ilustrasi duduk terlalu lama saat bekerja. (pixabay)

Ini pasti kamu sering lakukan apalagi bagi kamu yang kerjanya di kantor. Ini bisa memperlambat saluran pencernaan. Ini juga bisa bikin kamu sulit buang air besar.

5. Sering makan makanan olahan

Makanan cepat saji. (pixabay)
Makanan cepat saji. (pixabay)

Hindari produk makanan olahan, sepeti burger, sosis dsb. Makanan ini bisa bikin perut buncit karena mengandung banyak pengawet. Sebaliknya, pilihlah buah, sayur, gandum atau kacang sebagai penggantinya.

Hentikan kebiasaan-kebiasaan di atas ya jika kamu tak mau perut buncit.

Berita Terkait

Berita Terkini