Info

Coba Cek, Sudah Benarkah Cara Memasak Tiga Makanan Berikut?

Cara memasak atau mengolah makanan dapat memengaruhi nutrisinya.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Kimchi. (pixabay)
Kimchi. (pixabay)

Himedik.com - Makan sehat berarti memilih makanan yang tepat dan memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sayangnya, ada kemungkinan kalian keliru dalam mengolah atau menyantapnya.

Sebagai contoh kulit buah atau batang sayuran yang justru dibuang padahal mengandung banyak nutrisi dibandingkan daging atau daunnya. Atau menggoreng daripada mengukus padahal paparan panas dapat membuat sejumlah nutrisi menguap.

Lalu seperti apakah harusnya? Berikut tiga di antara sekian banyak makanan.

1. Brokoli

Tahukan kamu kalau vitamin C mudah menguap jika terkena panas dan udara? Nah, supaya vitamin C dan nutrisi lain dalam brokoli tidak hilang, sebaiknya hindari memasak dengan cara menggoreng.

Sangat disarankan untuk mengukusnya dalam waktu singkat sehingga nutrisi yang diperoleh maksimal.

Brokoli/pexels
Brokoli/pixabay

2. Buah

Daripada minum jus buah, akan lebih baik jika makan buahnya langsung karena nutrisi didalamnya akan hilang saat dihaluskan (dibuat jus). Selain itu, jus juga tidak memiliki serat yang membuatmu merasa kenyang lebih lama.

3. Kubis

Kamu bisa mengolahnya menjadi sauerkraut atau kimchi karena makanan yang difermentasi memiliki probiotik alami yang memberi makan bakteri dalam usus. Mereka dapat membantu melindungi terhadap penyakit kardiovaskular, kanker, dan diabetes.

Kalau kamu penggemar ketiga makanan di atas, sekarang cek sudah benar belum cara memasak dan menyatapnya?

Berita Terkait

Berita Terkini