Info

Daripada Diet, 4 Resolusi Simpel Tahun Baru Ini Bikin Tubuh Lebih Sehat

Dilaporkan PBS.org, bagi Anda yang berniat menurunkan berat badan, sebaiknya melupakan crash diet.

Vika Widiastuti | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

ilustrasi resolusi tahun baru 2019. (Pixabay/JogiKenobi)
ilustrasi resolusi tahun baru 2019. (Pixabay/JogiKenobi)

Himedik.com - Punya resolusi di Tahun Baru demi gaya hidup dan kondisi kesehatan yang lebih baik sudah lama menjadi tren di kalangan remaja hingga orang dewasa. Tak sedikit dari mereka yang menargetkan berat badan turun, massa otot meningkat, atau mungkin kulit yang lebih sehat.

Namun, terkadang mematuhi aturan yang dibuat oleh dan demi kebaikan diri sendiri ini terasa sulit. Pada awal tahun baru 2019 ini, Fitness Director Capital City Health Club Mallory McDowell memberikan sejumlah tips agar Anda bisa konsisten mengubah gaya hidup sesuai resolusi Tahun Baru yang telah Anda tentukan.

Dilansir dari KPAX, hal pertama yang harus dilakukan adalah mendapat lampu hijau dari dokter untuk mengubah suatu rutinitas, terutama jika Anda pernah mengalami cedera. Selanjutnya, McDowell menganjurkan agar membuat perubahan kecil terlebih dahulu.

Menurutnya, mengubah terlalu banyak kebiasaan justru tidak akan memberi dampak apa pun sebab perubahan tersebut tidak akan bertahan lama. Jika sudah terbiasa melakukan satu rutinitas baru, Anda bisa melanjutkan dengan perubahan yang lain.

Ilustrasi diet. (Pixabay/TeroVesalainen)
Ilustrasi diet. (Pixabay/TeroVesalainen)

Sementara itu, dilaporkan PBS.org, bagi Anda yang berniat menurunkan berat badan, sebaiknya Anda melupakan crash diet alias proses diet singkat. Sebagai gantinya, Anda disarankan untuk memperbaiki kesehatan mental dan fisik melalui empat cara berikut.

1. Tidur cukup dan berkualitas

Supaya tidak sulit tidur dan tidur lebih nyenyak, Anda bisa membaca buku 30 menit sebelumnya, menghindari kafeina sejak siang, dan merapikan tempat tidur.

Selain itu, Anda tak boleh makan dua jam sebelum tidur dan minum satu jam sebelum tidur. Hal tersebut bertujuan agar tubuh beristirahat dari membersihkan sistemnya.

2. Mengubah jadwal makan

Dr Michael Roizen dari Cleveland Clinic menyebutkan, salah satu trik untuk menurunkan berat badan adalah hanya makan ketika ada matahari. "Berdasarkan cara kerja ritme sirkadian, metabolisme Anda tertinggi pada sekitar pukul 10.00 pagi dan terendah di tengah malam," katanya.

"Jika Anda makan sebelum matahari terbit, Anda berada dalam fase metabolisme yang lambat sehingga menyebabkan lemak menumpuk. Sebaliknya, jika Anda makan ketika metabolisme Anda pulih, tubuh akan membakar kalori jauh lebih baik daripada ketika Anda makan setelah pukul 8 malam," imbuh Roizen.

Ilustrasi bergaul. (Pixabay/StockSnap)
Ilustrasi bergaul. (Pixabay/StockSnap)

3. Bersosialisasi secara langsung

Roizen mengungkapkan, membangun pertemanan secara langsung daripada melalui media sosial dapat membantu mengelola stres. Ia menyarankan agar Anda setidaknya mengunjungi dua teman setiap minggu, terutama kerabat yang membuat Anda nyaman.

"Anda tidak terlalu rentan terhadap teman-teman di Facebook karena Anda tidak membahas semua hal yang ingin Anda diskusikan dan biasanya malu," terang Roizen dikutip dari PBS.org.

4. Mengurangi stres

Dr Carolyn Kreinsen dari Harvard Medical School menerangkan, stres tak hanya memengaruhi kesehatan emosional, melainkan juga masalah kesehatan lain yang dampaknya berkelanjutan.

Untuk membantu mengatasi stres, dirinya menyarankan kebiasaan seperti peregangan selama beberapa menit setiap pagi, menyiapkan makan siang di hari kerja saat akhir pekan, menempatkan foto orang yang dicintai di tempat kerja, dan berjalan di luar setidaknya sekali sehari.

Berita Terkait

Berita Terkini