Info

Sering Disebut Jorok, Kebiasaan Mengupil Ternyata Bermanfaat bagi Kesehatan

Menurut pakar kesehatan, memakan upil dapat meningkatkan sistem imun.

Vika Widiastuti | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi mengupil. (pixabay/GraphicMama-team)
Ilustrasi mengupil. (pixabay/GraphicMama-team)

Himedik.com - Upil adalah kotoran yang terkumpul di hidung. Bersama dengan ingus, ternyata keduanya termasuk dalam mekanisme pertahanan tubuh manusia untuk mencegah datangnya penyakit yang berasal dari udara yang kita hirup.

Dari udara yang dihirup, kuman dan polutan akan disaring oleh bulu hidung dan terkumpul menjadi upil. Nah, jika hidung sudah terasa tak enak kegiatan mengupil adalah solusi.

Anehnya, bukan dibuang terkadang ada orang yang malah memakan upilnya. Meski menjijikkan, tapi ternyata memakan upil memiliki manfaat kesehatan lho.

Hal ini diungkapkan dalam sebuah penelitian dari Harvard University dan Massachussetts Institute of Technology. Dalam penelitian tersebut diketahui bahwa lendir yang ada dalam saluran pernapasan banyak mengandung bakteri baik yang mampu melawan bakteri jahat penyebab gigi berlubang.

Gigi bersih dan putih. (pixabay)
Gigi bersih dan putih. (pixabay)

 

Bahkah pakar kesehatan Profesor Friedrich Bischinger dari Austria mengatakan bahwa memakan upil kering dapat meningkatkan sistem imun dan mengupil dapat membuat seseorang lebih bahagia.

Sejalan dengan itu, Dr. Scott Napper dari University of Saskatchewan, Kanada, juga mengatakan bahwa mengupil adalah dorongan alamiah yang sebaiknya tidak perlu dilawan. Biarkan saja sekali pun jika kita ingin memakan upil tersebut.

"Jadi mungkin ketika Anda memiliki keinginan untuk mengupil dan memakannya, Anda hanya melakukannya secara alami," katanya seperti dikutip dari The Telegraph.

Waduh, meski telah banyak bukti ilmiah mengenai manfaat memakan upil, apa kamu tertarik untuk memakannya?

Berita Terkait

Berita Terkini