Info

Tak Ingin Berat Badan Naik? Hentikan 5 Kebiasaan Ini di Pagi Hari

Menekan tombol 'snooze' alarm bikin berat badan naik.

Agung Pratnyawan | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

ilustrasi menjaga berat badan. (Unsplash/alan KO)
ilustrasi menjaga berat badan. (Unsplash/alan KO)

Himedik.com - Sudah melakukan berbagai usaha tapi berat badan tak kunjung berkurang? Coba kamu cek apa saja yang biasa kamu lakukan di pagi hari.

Kamu mungkin tidak menyadari, beberapa kebiasaan di pagi hari yang kamu anggap sepele ternyata punya pengaruh pada berat badan. Apalagi jika kebiasaan itu sudah terlalu melekat dan susah dihilangkan.

Emang apa aja sih? Berikut lima kebiasaan di pagi hari yang bikin berat badanmu naik, dihimpun dari Providr:

1. Kurang sinar matahari

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan jurnal PLOS One, kalau kamu masih menutup mata ketika saatnya bangun tidur, kamu kelewatan manfaat penurunan berat badan dari matahari.

Hasil studi ini menunjukkan, orang yang terkena sinar matahari segera setelah bangun tidur memiliki indeks massa tubuh atau BMI lebih rendah daripada mereka yang tidak. Disebutkan, mendapat sinar matahari selama 20 sampai 30 menit sudah lebih dari cukup untuk memengaruhi BMI-mu.

2. Menekan 'snooze' alarm

Ahli gizi dan olahraga Kathleen Alleaume mengatakan, kurang tidur memengaruhi konsentrasimu, sehingga kamu akan lebih memungkinkan untuk makan junk food. Namun, tidur terlalu lama setelah berkali-kali menekan tombol 'snooze' alarm pun punya pengaruh serupa.

Efek itu disebabkan oleh tubuh yang jadi tidak bisa menyinkronkan sistemnya dengan waktu yang sesuai. Hal ini pun memicu naik-turunnya gula darah dan naiknya berat badan.

3. Tidak merapikan tempat tidur

Survei yang dilakukan National Sleep Foundation menunjukkan, mereka yang rajin merapikan tempat tidur merasakan tidur 19 persen lebih nyenyak daripada yang tidak. Jika tidurmu nyenyak, BMI pun bisa menurun.

Penulis ''The Power of Habit'', Charles Duhigg, juga bilang, orang yang rajin merapikan tempat tidur biasanya punya tekad yang lebih, termasuk menjaga asupan kalori.

ilustrasi sarapan. (Pixabay/StockSnap)
ilustrasi sarapan. (Pixabay/StockSnap)

4. Melewatkan sarapan

Kebiasaan tidak sarapan ternyata membuka pintu menuju makan makanan yang enggak sehat. Hal itu dinyatakan oleh Kathleen.

Menurutnya, sarapan seimbang membuat harimu lebih teratur. Selain itu, sarapan sempurna, yang mengandung serat dan protein, membantumu mencegah keinginan terhadap kafeina dan ngemil saat menjelang siang.

5. Kebanyakan kopi dan kurang air putih

Berdasarkan penjelasan Kathleen, terlalu banyak kopi di pagi hari bisa memberi pengaruh buruk pada ukuran pinggangmu. Tubuhmu membutuhkan air untuk metabolisme dan bahan bakar untuk otakmu. Air putih juga membantu tubuhmu mengeluarkan racun.

Kathleen menambahkan, tubuh membutuhkan air di pagi hari untuk membagi semua nutrisi yang telah diolah setelah kamu tidur semalaman.

Berita Terkait

Berita Terkini