Info

Diet Mediterania Akan Menjadi Diet Terbaik di 2019 Menurut World Report

Seperti apa sih manfaatnya?

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

Menu diet mediterania. (pixabay/RitaE)
Menu diet mediterania. (pixabay/RitaE)

Himedik.com - Diet Mediterania telah mendapatkan posisi teratas sebagai diet terbaik di peringkat diet tahunan AS News & World Report 2019.

"Ini adalah tahun pertama diet Mediterania menempati peringkat pertama," kata Angela Haupt, asisten redaktur pelaksana kesehatan di US News, dilansir dari WebMD.

Diet Mediterania sangat bermanfaat karena memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

1. Baik untuk jantung

Semua menu dalam diet ini baik untuk jantung. Minyak zaitun dan kacang-kacangan membantu menurunkan kolesterol jahat. Ikan membantu menurunkan trigliserida dan tekanan darah. Sedangkan buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan membantu menjaga arteri tetap bersih.

Menu diet sehat. (Unsplash/Lily Banse)
Menu diet sehat. (Unsplash/Lily Banse)

2. Sangat baik untuk otak

Selain menyehatkan jantung, menu makanan diet juga menyehatkan otak. Ini karena dalam diet mediterania, tidak ada lemak jahat sama sekali yang mana dapat menyebabkan peradangan. Sebaliknya, makanan yang kaya antioksidan membuat pola makan ini menjadi pilihan yang baik untuk otak.

3. Tidak perlu menghitung kalori

Ganti mentega dengan minyak zaitun. Coba ikan atau unggas daripada daging merah. Serta nikmati buah segar dan hindari konsumsi makanan manis.

Selain itu, kamu juga bisa makan beragam sayuran, kacang, roti gandum, dan wine. Namun, meski semuanya bagus untuk tubuh, batasi konsumsi kacang sehari sebanyak satu genggam, dan wine dalam porsi sedang.

4. Boleh konsumsi lemak

Kamu hanya perlu mencari sumber lemak baik seperti yang terdapat dalam kacang dan minyak zaitun. Lemak ini bukan lemak jenuh atau lemak trans yang tersembunyi dalam makanan olahan, melainkan menambah rasa dan membantu melawan penyakit diabetes hingga kanker.

Berita Terkait

Berita Terkini