Info

7 Manfaat Makan Timun Tiap Hari, Atasi Tukak Lambung hingga Cegah Kanker

Beberapa produk kosmetik juga mengklaim mengandung manfaat timun.

Vika Widiastuti | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Ilustrasi timun (pixabay/monicore)
Ilustrasi timun (pixabay/monicore)

Himedik.com - Banyak orang bingung, apakah timun termasuk buah atau sayuran. Yang jelas, bahan alami ini kaya akan vitamin, memiliki kandungan air yang tinggi, dan mengandung mineral seperti kalium, magnesium, seng, fosfor, zat besi, serta kalsium.

Dilansir dari Boldsky, timun merupakan buah yang tumbuhnya merambat. Buah ini menyegarkan dan mudah didapat kapan pun.

Jika kamu mengonsumsinya tiap hari, maka tubuhmu akan terbantu dalam melakukan proses detoksifikasi atau mengeluarkan racun berbahaya dari tubuh. Tak hanya itu, kebaikan dari timun sebenarnya sangat banyak. Contohnya, ini 7 manfaat timun bagi kesehatan.

1. Melarutkan batu saluran kemih

Sebagai gudang vitamin dan mineral, timun membantu menjaga kesehatan ginjal dan kondisi kandung kemih. Buah berbentuk silinder ini merupakan obat alami untuk membersihkan ginjal, membersihkan puing-puing, dan melarutkan batu ginjal.

2. Menyembuhkan tukak lambung

Alkalinitas dan sifat mendinginkan yang dimiliki timun dapat mengatasi tukak lambung. Dua gelas jus timun yang dikonsumsi tiap hari dapat menyembuhkan penyakit ini.

3. Meredakan sakit kepala

Vitamin B dalam buah yang kaya air beserta elektrolitnya ini bermanfaat untuk mengusir sakit kepala.

ilustrasi sakit kepala - (Pixabay/Berzin)
ilustrasi sakit kepala - (Pixabay/Berzin)

4. Mencegah kanker

Timun bisa melawan kanker karena memiliki polifenol yang disebut lignan. Dengan mengonsumsinya secara rutin, kamu bisa terhindar dari kanker payudara, rahim, atau prostat.

5. Mengatur tekanan darah

Tekanan darah, baik tinggi atau rendah, akan terkendali menjadi normal jika kamu suka makan timun. Manfaat itu bisa kamu rasakan karena timun dipenuhi serat, kalium, dan magnesium.

6. Menghidrasi tubuh

Sebanyak 95 persen kandungan timun adalah air. Tak cuma meredakan rasa lapar, di siang hari yang sangat panas, timun akan menghidrasi dan menyegarkan tubuhmu.

7. Menyehatkan kulit

Beberapa produk kosmetik dan perawatan kulit yang tersedia di pasaran mengklaim mengandung manfaat timun. Pasalnya, magnesium, potasium, dan silikon adalah mineral ramah kulit yang membantu menjaga kulit sehat bercahaya.

Berita Terkait

Berita Terkini