Info

Supaya Tidak Stres, Tenangkan Pikiran dengan 5 Langkah Mudah Berikut

Cobalah menarik nafas atau melihat ikan berenang.

Vika Widiastuti | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi banyak pikiran. (unsplash)
Ilustrasi banyak pikiran. (unsplash)

Himedik.com - Setiap orang pasti pernah mengalami masalah di hidupnya. Mulai dari masalah ekonomi, pekerjaan, romansa, dan lain sebagainya. Hal itu lantas membuat beban pikiran terus bertambah setiap harinya dan membuat pikiran tak tenang.

Jika kamu sedang mengalami hal itu, cobalah lakukan 5 langkah mudah untuk tenangkan pikiran berikut yang dihimpun dari WebMD.

1. Bernafas

Cobalah untuk menghirup dan mengembuskan napas perlahan, ulangi beberapa kali sekitar 6 kali tarikan dan hembusan dalam satu menit.

Selama itu, letakkan tangan di atas perut untuk merasakannya naik dan mengembang saat kamu menghirup dan mengembuskan napas.

2. Olahraga

Bagaimanapun olahraga memang menyehatkan tubuh, termasuk pikiran. Luangkan waktu 5 menit untuk latihan aerobik, seperti jalan cepat.

Hal itu akan membuat otak melepaskan hormon endorfin, yaitu bahan kimia yang membuat suasana hati menjadi lebih baik, meningkatkan fokus, dan tidur.

Ilustrasi berlari. (pixabay/StockSnap)
Ilustrasi olahraga. (pixabay/StockSnap)

 

3. Menolong orang

Menolong atau membantu seseorang dapat membuatmu merasa senang dan terhubung dengannya. Hal itu juga mengurangi stres dan perasaan kesepian, bahkan meningkatkan respons imun, serta kesehatan jantung.

4. Membuat kerajinan tangan

Mewarnai buku, merajut, membuat scrapbook, atau membuat tembikar dapat membuat pikiranmu teralihkan. Biarkanlah hatimu bermain. Kuncinya adalah menikmati proses dan tidak terlalu khawatir dengan hasilnya.

5. Melihat ikan

Sebuah penelitian yang menggunakan media tangki air dan kehidupan laut di dalamnya menemukan fakta bahwa semakin banyak jenis kehidupan laut di dalamnya, semakin banyak orang yang bahagia. Bahkan hal itu menurunkan tekanan darah dan denyut jantung.

Jadi, tak ada salahnya meletakkan akuarium ikan di sudut rumah. Setidaknya hal itu bisa membantu menenangkan pikiran karena banyak orang yang memiliki akuarium di rumah mereka mengatakan bahwa memandangi ikan membuat perasaan lebih tenang dan rileks.

Apapun masalahnya jangan sampai membuat pikiranmu berantakan dan stres karena stres berkepanjangan dapat memicu depresi.

Berita Terkait

Berita Terkini