Info

Lima Makanan Pereda Kantuk Pengganti Kopi, Dijamin Menyehatkan

Cobalah makan apel atau minum yoghurt.

Vika Widiastuti | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi ngantuk. (unsplash)
Ilustrasi ngantuk. (unsplash)

Himedik.com - Kopi jadi andalan banyak orang untuk mengusir rasa kantuk. Sayangnya, kandungan kafeinnya yang tinggi membuat beberapa orang tak bisa untuk meminumnya.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa makanan sehat pengganti kopi untuk mengusir rasa kantuk.

1. Apel

Apel kaya akan zat besi sehingga membantu tubuh memproduksi sel darah merah lebih banyak. Sel darah merah sendiri dibutuhkan untuk membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh.

Saat banyak oksigen yang masuk ke tubuh, secara otomatis kamu dapat terjaga lebih lama. Begitu pula dengan kandungan glukosanya yang tinggi.

Hal itu bisa memberikan energi yang membuat orang tetap terjaga.

Apel. (pixabay)
Apel. (pixabay)

 

2. Air kelapa muda

Minuman elektrolit ini kaya kalium, kalsium, natrium, magnesium, potasium, dan antioksidan. Kandungan trigliserida di dalamnya akan diubah menjadi energi sehingga membuat tubuh lebih bersemangat.

3. Telur

Telur dapat memberimu banyak energi untuk melawan kantuk. Hal ini karena kandungan kolin dan protein yang tinggi di dalamnya dapat mempercepat metabolisme tubuh.

Sajian telur setengah matang. (pixabay)
Sajian telur setengah matang. (pixabay)

 

4. Lemon

Tahukah kamu kalau kandungan vitamin C dalam lemon dapat menurunkan kadar hormon kortisol dalam tubuh? Hormon kostisol disebut juga sebagai hormon stres yang mana dapat memengaruhi tingkat energi.

5. Yoghurt

Yoghurt mengandung gula alami dan protein yang bermanfaat untuk menyegarkan tubuh. Selain itu, probiotik di dalamnya juga baik untuk sistem pencernaan.

Jadi, tak perlu khawatir kantuk menyerang. Segarkan kembali tubuh dengan 5 makanan pereda kantuk di atas.

Berita Terkini