Info

Sebelum ke Dokter, Coba Atasi Stres dengan 5 Tips Mudah Berikut

Coba buat daftar solusi dan pilih yang terbaik.

Vika Widiastuti | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi stres. (pixabay)
Ilustrasi stres. (pixabay)

Himedik.com - Stres dapat memengaruhi kondisi kesehatan. Kepala mungkin akan terasa sakit, mual, atau mudah lelah. Akibatnya aktivitas harian menjadi terganggu.

"Stres dapat terjadi kapan saja atau di mana saja. Ketahui cara ampuh untuk menanganinya, seperti mendengarkan musik, berjalan-jalan, atau melihat gambar," jelas Larry Kubiak, PhD, seorang psikolog dan direktur layanan psikologis di pusat kesehatan perilaku Tallahassee Memorial Healthcare di Florida.

Berikut telah dirangkum bagaimana cara ampuh mengatasi stres dilansir dari laman Everydayhealth.

1. Pikirkan solusi dan buat rencana

Jika ada masalah khusus yang perlu diperbaiki, buatlah daftar semua solusi yang mungkin dan pilih yang terbaik. Menyadari bahwa kamu memiliki pilihan dan membuat rencana konkret akan berdampak langsung pada pengurangan stres.

"Pecah tugas menjadi bagian-bagian yang lebih kecil sehingga Anda dapat mencoba untuk mencapai apa yang Anda butuhkan dalam satu jam, sehari, dan minggu depan sehingga masalahnya menjadi lebih mudah dikelola," saran Kubiak.

Ilustrasi catatan. (pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi membuat rencana. (pixabay/Free-Photos)

 

2. Belajar menerima

Beberapa keadaan terjadi di luar kendali. Kita harus belajar untuk mengatasi dan menerimanya. Untungnya, kamu memiliki kendali atas bagaimana dirimu bereaksi terhadap situasi yang membuat stres.

Tetap tenang dan bersedia menerima dukungan emosional dari orang lain dapat membantu mengelola stres.

3. Terbukalah dan ungkapkan perasaanmu

Jika ada sesuatu yang mengganggumu, jangan simpan itu untuk dirimu sendiri. Berbicaralah dengan orang yang kamu percayai seperti teman, keluarga, atau rekan kerja tentang apa yang ada di pikiranmu. Akan terasa menyenangkan jika kamu mengungkapkan perasaan.

4. Beristirahat dan manjakan diri

Stres harian dapat merambat sebelum kamu menyadarinya. Jadi, manjakan diri setidaknya dengan melakukan satu aktivitas santai setiap hari.

Mendengarkan musik, bermeditasi, menulis dalam jurnal, atau menikmati mandi busa yang menenangkan adalah cara terbaik untuk bersantai dan menghilangkan stres.

Ilustrasi meditasi. (pixabay)
Ilustrasi meditasi. (pixabay)

 

"Meditasi memungkinkan kita menjernihkan pikiran dan dapat melihat berbagai hal dalam perspektif yang lebih realistis," jelas Kubiak.

Meluangkan waktu untuk diri sendiri penting untuk mencegah dan mengelola stres.

5. Olahraga

Olahraga adalah salah satu metode terbaik untuk mengelola stres karena dapat menghilangkan efek fisik dan emosional dari stres. Pertimbangkan pilihan kebugaran yang juga memberikan efek pengurang stres spesifik seperti yoga, tai chi, pilates, atau salah satu seni bela diri.

"Olahraga dapat membantu mengatur dan menghilangkan secara produktif zat-zat kimia 'melawan' stres di otak," kata Kubiak.

Apapun masalahnya pasti ada jalan keluarnya. Jadi, jangan stres. Jika itu terjadi, ikuti 5 langkah meredakan stres di atas ya.

Berita Terkait

Berita Terkini