Info

3 Tips Menjalani Hidup Agar Lebih Bermakna dan Menyenangkan

Mulailah jadi pendengar yang baik.

Vika Widiastuti | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi bahagia. (unsplash)
Ilustrasi bahagia. (unsplash)

Himedik.com - Mungkin kamu pernah mengalami saat di mana mencapai sebuah tujuan, tapi tidak ingat bagaimana kamu sampai di sana. Kamu tidak ingat, apa saja yang telah kamu alami selama mencapai tujuan tersebut.

Jika kamu ingin memberikan ruang dan perhatian lebih dalam hidup, cobalah lakukan beberapa tips yang dihimpun dari laman doctoroz berikut.

1. Jadilah pendengar yang lebih baik

Banyak orang tidak bisa menjadi pendengar yang baik selama percakapan. Ingat, kapan terakhir kali kamu benar-benar mendengarkan seseorang berbicara?

“Ketika pikiranmu mengembara jauh dari apa yang dikatakan, segera kembali pada kata-kata orang yang berbicara dengan tanpa berkomentar apapun," ungkap pendiri Pusat Latihan Mindfulness di University of Missouri, Lynn Rossy, Ph.D.

Caranya, latihlah mendengarkan dengan saksama selama percakapan telepon dan pastikan kamu tidak melakukan hal lain selama penelpon bercerita. Cukup duduk atau berdiri dan dengarkan sambil memberi perhatian penuh.

Curhat dengan teman. (pixabay)
Ilustrasi mendengarkan cerita teman. (pixabay)

2. Berlatih makan dengan baik

Berikan perhatian penuh saat makan dan hindari hal yang mengganggu. Selama makan, duduklah, makan dari piring, potong makanan menjadi gigitan kecil, dan periksa warna serta tekstur makanan.

Sebelum menyantapnya, hirup aroma makanan. Ambil sesuap makanan diamkan dalam mulut, nikmati rasa dan teksturnya. Letakkan garpu saat mengunyah dan menikmatinya.

Setelah menelanny, minum seteguk air dan ulangi sama seperti awal. Ini adalah beberapa kebiasaan makan yang disarankan Rossy.

Tidak hanya bisa menikmati makanan lebih banyak, tetapi menurut penelitian dan CDC (Centers for Disease Control and Prevention), makan dengan penuh kesadaran memberi waktu bagi otak untuk mencatat bahwa perut kenyang, yang biasanya memakan waktu sekitar 20 menit.

3. Lebih peka dengan sekitar

Saat jalan-jalan, berlari, atau bersepeda di luar, gunakan indra untuk tetap hadir selama pengalaman itu. Perhatikan suara-suara di sekitar, terpaan angin yang terasa di kulit, dan apa yang kamu cium.

Kamu juga bisa mencoba mencari sesuatu di sepanjang jalan, seperti bunga merah atau menemukan burung. Bukan tanpa alasan karena saat kamu fokus mencari sesuatu, itu akan melatih otak untuk tidak memusatkan perhatian pada semua hal lain yang terjadi dalam hidup.

Mulai sekarang coba lebih perhatian dengan hidup supaya lebih bermakna dan menyenangkan.

Berita Terkini