Info

4 Obat Pereda Mabuk yang Bisa Didapatkan di Rumah

Coba minum banyak air untuk meredakan mabuk.

Dinar Surya Oktarini | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi mabuk. (pixabay/jarmoluk)
Ilustrasi mabuk. (pixabay/jarmoluk)

Himedik.com - Mabuk dapat menyebabkan lelah, nyeri otot, hingga mual dan muntah. Orang yang sedang mabuk biasanya akan merasa dehidrasi dan mengalami gangguan tidur.

Sebenarnya ada obat bebas yang dijual di apotek untuk meredakan mabuk. Namun, tak perlu susah paya beli obat berikut ada obat pereda mabuk alami yang dirangkum dari Medical News Today.

1. Sarapan

Umumnya orang mabuk akan mengalami penurunan kadar gula darah. Dengan makan di pagi hari akan membantu mengembalikan kadar gula darah dan sedikit meredakan rasa tidak nyaman pasca mabuk.

Namun, makan sarapan bernutrisi yang mengandung karbohidrat, protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral ya supaya kondisi tubuh cepat pulih.

Ilustrasi sarapan. (Pixabay/Pexels)
Ilustrasi sarapan. (Pixabay/Pexels)

2. Makan makanan sumber antioksidan

Minum alkohol menyebabkan stres oksidatif yang mengakibatkan tubuh memproduksi radikal bebas. Di sinilah fungsi antioksidan yaitu untuk menangkal radikal bebas.

Pasalnya penelitian telah mengaitkan stres oksidatif dengan sejumlah kondisi kesehatan, termasuk kanker dan penyakit jantung. Maka dari itu redakan mabuk dengan mengonsumsi sumber antioksidan seperti buah anggur, bayam, dan wortel.

Anggur. (pixabay/Free-Photos)
Anggur. (pixabay/Free-Photos)

3. Minum air

Mabuk akan membuat kamu dehidrasi. Oleh sebab itu minumlah banyak air untuk merehidrasi tubuh kembali serta meredakan mabuk.

4. Minum kopi atau teh

Kopi, teh, dan minuman berkafein lainnya bertindak sebagai stimulan yang dapat meningkatkan perasaan kelelahan akibat mabuk. Selain itu, minuman tersebut juga mengandung antioksidan yang dapat mengurangi efek buruk dari konsumsi alkohol.

Sayangnya minuman berkafein bersifat diuretik yang dapat memperburuk efek dehidrasi.

Itulah makanan pereda mabuk yang bisa kamu dapatkan di rumah. Semoga membantu.

Berita Terkait

Berita Terkini