Info

Waspada, Pakai Pelembap Secara Berlebihan Bisa Berdampak Buruk pada Wajah

Mulai sekarang jangan pakai pelembap secara berlebihan ya.

Vika Widiastuti

Ilustrasi wajah. (pixabay)
Ilustrasi wajah. (pixabay)

Himedik.com - Pelembap memang merupakan salah satu produk perawatan kulit yang biasa digunakan, terutama oleh kaum wanita. Namun, tahukah pelembap bisa memberikan efek buruk terhadap kulit wajah jika dipakai secara berlebihan?

Menggunakan pelembap setelah membersihkan wajah dipercaya dapat menjaga kulit dari keriput serta tampak lebih bercahaya. Biasanya penggunaan secara berlebihan dapat membuat kulit malas dan kurang mampu menghasilkan kelembapan alami sendiri.

Ilustrasi skincare. (Unsplash/Charisse Kenion)
Ilustrasi skincare. (Unsplash/Charisse Kenion)

Berdasarkan survey yang dilakukan salah satu perusahaan perawatan kulit ternama di Eropa, mengatakan bahwa sebanyak 70 persen wanita memiliki kulit kering.

Sedangkan 44 persen berjerawat serta muncul bintik-bintik pada wajah akibat pemakaian pelembap berlebih.

Gunakan pelembap dalam jumlah cukup untuk memberikan nutrisi pada kulit. Kamu hanya perlu aplikasikan pelembap secara rutin saat pagi dan malam, atau ketika area kulit tertentu yang kering dan membutuhkan kelembapan.

Menggunakan pelembap secara berlebihan menyebabkan akumulasi sel-sel kulit mati, kulit menjadi kering, berjerawat dan pori-pori menjadi besar.

Ilustrasi menghapus makeup. (Shutterstock)
Ilustrasi memakai pelembap. (Shutterstock)

Menggunakan pelembap juga penting dengan melihat kondisi kulit masing-masing. Jika kamu memiliki kulit kering gunakan pelembap dalam jumlah normal. Sementara bagi pemilik kulit berminyak, gunakan pelembap secukupnya agar wajah tidak terlalu mengkilap.

Kamu juga wajib memilih formula pelembap yang tepat. Jika kulit kering perlu menggunakan pelembap yang creamy sehingga bisa menghidrasi kulit lebih dalam. Sementara untuk kulit berminyak, kamu bisa memilih menggunakan pelembap dengan kandungan air lebih banyak.

DEWIKU.com/Kintan Sekarwangi

Berita Terkait

Berita Terkini