Info

Tidur Siang Beberapa Menit Bisa Bikin Kamu Lebih Penuh Perhatian, lo!

Jangan lebih, ini durasi yang paling baik.

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

ilustrasi tidur - (Pixabay/cuncon)
ilustrasi tidur - (Pixabay/cuncon)

Himedik.com - Kamu pasti pernah mengalami rasa bosan saat bekerja di kantor atau saat duduk di ruang kuliah. Tak heran kamu biasanya merasa kantuk, kamu butuh energi, konsentrasi dan kemauan untuk tetap terjaga.

Namun, jika kamu pernah tertidur di kantor, kamu mungkin memerhatikan bahwa tidur untuk beberapa menit, misalnya 15-20 menit menghasilkan peningkatan drastis energi ketika kamu bangun.

Dengan kata lain, ketika kamu bangun bahkan setelah tidur siang singkat, kamu merasa lebih energik dari sebelumnya.

Melansir dari scienceabc, peran adenosine bisa membuatmu merasa pening dan mengantuk. Dengan kata lain, neurotransmitter ini menekan kewaspadaan kita ketika kita bangun.

Adenosine diproduksi sebagai produk sampingan dari aktivitas otak. Itu sebabnya, semakin banyak kamu bekerja (terutama jenis pekerjaan yang membutuhkan banyak upaya mental, seperti memahami dan menganalisis informasi), semakin 'lelah mental' yang kamu rasakan.

Semakin banyak kamu bekerja, semakin tinggi kadar adenosin meningkat di otak. Ada reseptor di otak yang secara bertahap diisi oleh molekul adenosin.

Tidur singkat bisa bikin lebih fokus. (unsplash/Kinga Cichewicz)
Tidur singkat bisa bikin lebih fokus. (unsplash/Kinga Cichewicz)

Ketika kamu merasa sangat mengantuk, itu berarti bahwa reseptor di otak dipenuhi dengan adenosin; dengan kata lain, tubuhmu memiliki terlalu banyak adenosin.

Tidur memiliki kemampuan untuk secara alami mengurangi jumlah adenosin di otak. Karena itu, ketika kamu benar-benar mengantuk, tidur siang hanya 15-20 menit membuat kamu merasa lebih waspada dan aktif.

Kamu mungkin masih merasa agak mengantuk setelah tidur siang, tetapi kamu tentu tidak terlalu lamban. Ini karena ketika kamu tidur selama 20 menit, tubuh menghilangkan sebagian adenosin di otak.

Tidur siang pendek biasanya bekerja lebih baik untuk peremajaan, terutama dalam istilah 'sangat singkat', yaitu kamu akan merasa lebih waspada jika tidur siang selama 20 menit daripada tidur siang selama 50 menit.

Sebenarnya, hal tentang adenosin yang sepenuhnya dihilangkan adalah benar, tetapi ketika kamu tidur untuk durasi yang lebih lama, proses psikologis lainnya ikut berperan.

Kamu biasanya dapat tidur siang selama 30 menit dan bangun tanpa merasa kesal, tetapi 30 menit adalah batas atas untuk tidur siang berkualitas tinggi.

Ketika kamu melampaui 30 menit, gelombang otak mulai melambat dan kamu memasuki tahap tidur berikutnya. Pada tahap kedua, ada penurunan suhu tubuh dan detak jantung, seiring dengan melambatnya gelombang otak.

Pada tahap ketiga yang juga dikenal sebagai tahap 'tidur nyenyak', otak menjadi lebih lambat dan rileks sepenuhnya.

Karena itu sebaiknya batasi tidur hingga 30 menit (paling banyak) jika kamu tidak ingin bangun kesal dan gelisah.

Berita Terkait

Berita Terkini