Info

Tak Banyak Diketahui Orang, Begini Gejala Lupus

Kamu sering nyeri sendi?

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

Pusing (unsplash)
Pusing (unsplash)

Himedik.com - Mengidentifikasi lupus tidaklah mudah karena gejala yang terkait dapat sangat bervariasi dari orang ke orang.

"Tidak ada cara untuk memprediksi kapan itu bisa terjadi," kata Francis Luk, dari Wake Forest Baptist Medical Center.

Melansir dari medicaldaily, berikut beberapa gejala lupus yang perlu diperhatikan.

1. Nyeri sendi

Sendi yang nyeri adalah tanda pertama lupus dan dapat memengaruhi hingga 70 persen pasien, kata Jill Buyon, dari NYU Langone Health. Namun, ia menjelaskan, seseorang mungkin sulit membedakan antara nyeri sendi lupus dan nyeri sendi akibat rheumatoid arthritis.

Lupus hanya memengaruhi satu sisi pada sendi sedangkan rheumatoid arthritis memengaruhi kedua sisi secara merata.

2. Ruam

Banyak pasien lupus mengalami gejala yang disebabkan oleh radiasi ultraviolet. Ini karena sensitivitas cahaya yang terkait dengan penyakit.

Ruam sering timbul di wajah saat terkena sinar matahari. Ruam ini berbentuk kupu-kupu terutama menutupi hidung dan pipi.

Cedars Sinai, sebuah rumah sakit yang berbasis di California, mencatat beberapa orang mungkin mengalami ruam pada bagian tubuh yang lain seperti lengan, dada, atau punggung.

3. Kesulitan bernapas

Mengingat bahwa lupus dapat menyerang lapisan paru-paru dan jantung, sesak napas adalah gejala potensial lainnya. Ini bisa menyebabkan cairan bocor dan mengelilingi paru-paru.

"Dalam beberapa kasus, proses yang sama dapat terjadi di sekitar lapisan jantung yang disebut perikarditis," tambahnya.

Pasien-pasien tertentu bahkan mungkin mengalami nyeri dada ketika mencoba bernapas.

4. Perubahan berat badan, kelelahan

Penyakit autoimun dapat mengurangi tingkat energi dengan menyebabkan anemia, suatu kondisi di mana jumlah sel darah merah rendah. Dalam kasus yang serius, pasien juga mungkin menghadapi masalah ginjal yang juga berkontribusi terhadap kelelahan.

Ginjal yang berfungsi buruk dapat menyebabkan seseorang mengalami kenaikan berat badan akibat retensi air. Namun, di sisi lain, beberapa pasien mungkin juga akan kehilangan berat badan jika lupus memengaruhi tiroid.

5. Masalah ingatan

Lupus dapat berdampak pada sistem saraf pusat yang dapat menyebabkan perubahan suasana hati, kebingungan, ingatan yang buruk, dan masalah konsentrasi, seperti yang dicatat oleh Lupus Foundation of America. Ini juga bisa meningkatkan stres dan sakit kepala.

Berita Terkait

Berita Terkini