Info

Invisalign, Metode Merapikan Gigi yang Minim Rasa Sakit

Pasien bisa lebih nyaman dan minim rasa sakit.

Vika Widiastuti

Ilustrasi gigi. (Pixabay)
Ilustrasi gigi. (Pixabay)

Himedik.com - Kawat gigi selama ini dipercaya menjadi satu-satunya metode untuk membuat gigi lebih rapi. Namun, baru-baru ini ada metode lain yang ternyata bisa merapikan gigi. Metode tersebut disebut Invisalign

Disampaikan drg. Irwin Lesmono, Sp.Ort, invisalign hadir sebagai hasil dari perkembangan teknologi. Pasien dengan masalah gigi tidak rapi kini bisa melihat prediksi hasil setelah memakai invisalign lewat bantuan software simulasi.

"Dokter akan menggunakan software untuk memprediksi berapa lama target gigi pasien menjadi lebih rapi. Simulasi ini berguna untuk melihat gigi para pasien di akhir perawatan seperti apa. Kalau kawat gigi konvensional kan kita tidak tahu akan rapi sampai kapan dan akan seperti apa hasilnya," ujar drg. Irwin dari RS Pondok Indah dalam temu media di Jakarta, Rabu (16/1/2019) diberitakan Suara.com.

Invisalign, Merapikan Gigi Tanpa Kawat. (Suara.com/Firsta Putri Nodia)
Invisalign, Merapikan Gigi Tanpa Kawat. (Suara.com/Firsta Putri Nodia)

Ia menambahkan, jika kawat gigi konvensional cenderung memberikan rasa tidak nyaman pada rongga mulut karena proses penarikan dan unsur logam di dalam mulut, maka dengan invisalign, pasien bisa lebih nyaman dan minim rasa sakit.

Bentuknya yang transparan dan menyelimuti gigi ini memang dicetak sesuai dengan kondisi gigi pasien. Cara penggunaannya pun hanya perlu dipasangkan pada rongga gigi atas maupun bawah. Menurut drg. Irwin, invisalign cocok bagi mereka yang ingin merapikan gigi tapi tak memiliki banyak waktu untuk kontrol ke dokter dan tak ingin terlalu terlihat sedang menjalani proses perapian gigi.

"Braces umumnya tidak estetik, karena ada besi terutama yang jenis metal yang sangat terlihat ketika tersenyum atau berbicara. Belum lagi ada rasa tidak nyaman karena tergores kawat. Nah invisalign ini hanya plastik bening yang enak digunakan dan lebih nyaman," tambah dia.

Ia mengakui bahwa pada awalnya invisalign ditujukan untuk mengatasi kasus gigi berantakan yang sederhana. Namun seiring dengan perkembangannya, metode ini bisa digunakan untuk banyak kasus. Pasien nantinya akan dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui struktur giginya.

Kemudian hasil dari pemeriksaan ini akan dikirim ke laboratorium Invisalign di Amerika untuk dicetak dalam bentuk plastik bening yang menyerupai gigi. Dengan metode ini, pasien, kata drg. Irwin, bisa menghemat waktu karena hanya perlu kontrol dua bulan sekali.

"Jadi untuk kasus ringan bisa butuh kurang dari 20 plastik. Tapi kasus berat bisa sampai 60 plastik. Jadi memang tergantung kompleksitasnya. Pasien nanti diminta untuk mengganti plastik beningnya seminggu sekali sesuai dengan jumlah plastik yang diberikan," imbuh dia.

Untuk harganya sendiri, drg. Irwin mengakui bahwa biayanya memang cenderung lebih mahal dibandingkan kawat gigi biasa, yakni sekitar 5000 USD atau sekitar Rp 70,5 juta. Namun dengan biaya kunjungan ke dokter yang lebih sedikit dan target keberhasilan yang terukur, metode Invisalign memiliki harga yang bersaing.

"Kalau pakai kawat kan ada yang sampai lima tahun. Itu konsultasi ke dokternya bisa 2-3 minggu sekali. Kalau invisalign, ada yang cuma butuh 20 minggu, ada yang 36 minggu. Dan konsul hanya perlu dua bulan sekali, jadi harganya relatif menurut saya," tandas dia.

SUARA.com/Firsta Nodia

Berita Terkait

Berita Terkini