Info

Tidak Boleh Dimakan Utuh, 3 Biji Buah Ini Sebenarnya Bernutrisi lho

Biji cabai yang tidak dikunyah membuatnya sulit dicerna dan menyebabkan gangguan pencernaan.

Vika Widiastuti | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Cabai. (pixabay/balouriarajesh)
Cabai. (pixabay/balouriarajesh)

Himedik.com - Buah-buahan menawarkan beragam nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Tak hanya daging dan kulit, bahkan biji buah ternyata juga tak kalah bernutrisi lho.

Sayangnya tak seperti kulit, biji buah tidak boleh dimakan begitu saja karena dapat menyebabkan masalah pencernaan. Ini karena biji sulit hancur sehingga dapat menyumbat usus.

Berikut telah dirangkum dari Feedytv, biji buah yang memiliki nutrisi.

1. Anggur

Mengandung mineral dan asam amino yang dapat meningkatkan imunitas. Sayangnya, nutrisi dalam biji anggur sulit diserap tubuh.

Hanya sedikit sekali nutrisi yang bisa diserap dam mengunyahnya akan menimbulkan bau. Ini karena sebagian besar tanin dalam biji anggur mengeraskan protein di lidah, mulut, dan kerongkongan.

Anggur. (pixabay/Free-Photos)
Anggur. (pixabay/Free-Photos)

2. Delima

Komponen polifenol yang ditemukan dalam delima membantu dalam perawatan kecantikan, meningkatkan fungsi otak, mengurangi varises dan mengembalikan penglihatan. Namun, itu juga mengandung sejumlah asam buah, yang dapat menyebabkan lesi pada perut.

Sedangkan biji delima merah mengandung vitamin A, C dan E, riboflavin, kalsium, fosfor, dan sejumlah nutrisi lain. Yang mana menurut sebuah ulasan di Boldsky, bijinya diklaim dapat mengobati disfungsi ereksi serta meningkatkan kadar testosteron dan hasrat seksual. 

Meski demikian, jangan terlalu banyak konsumsi delima lho ya. Pastikan juga mengunyah bijinya dengan baik supaya tidak menimbulkan masalah pada pencernaan.

Delima. (pixabay/stevepb)
Delima. (pixabay/stevepb)

3. Cabai

Memang bagus untuk kesehatan tetapi para ahli tidak menganjurkan kita untuk makan bijinya secara utuh. Ini karena biji cabai mudah diserap ke dalam dinding usus dan masuk ke lambung dapat menyebabkan kerusakan selaput lendir dan radang lambung.

Selain itu, ketika cabai dimakan, kita sering tidak mengunyah bijinya sehingga biji sulit dicerna dan menyebabkan gangguan pencernaan, perut kembung, sembelit dan sakit perut.

Duh sayang ya, meski bernutrisi ketiga biji buah di atas tidak dianjurkan untuk dimakan.

Berita Terkait

Berita Terkini