Info

Manfaat Minyak Macadamia, Bisa untuk Masak hingga Rawat Kulit

Minyak macadamia memiliki tingkat lemak tak jenuh tunggal tinggi yang dapat mengurangi risiko serangan jantung.

Vika Widiastuti | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Kacang macadamia. (pixabay/sunnysun0804)
Kacang macadamia. (pixabay/sunnysun0804)

Himedik.com - Berasal dari ekstrak kacang macadamia, minyak ini biasanya banyak digunakan orang untuk memasak, kesehatan, dan kecantikan.

Minyak macadamia kaya akan nutrisi, di antaranya asam lemak sehat dan kalium. Berikut beberapa manfaat minyak macadamia yang dirangkum dari Medical News Today.

1. Menjaga kesehatan jantung

Minyak macadamia memiliki tingkat lemak tak jenuh tunggal yang tinggi. Menurut American Heart Association (AHA), lemak tak jenuh tunggal dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, yang pada gilirannya, dapat mengurangi risiko seseorang terkena serangan jantung dan stroke.

Nah, kalau kamu pengin merasakan manfaatnya segera ganti minyak gorengmu dengan ini ya.

Minyak zaitun. (unsplash)
Ilustrasi menggunakan minyak macadamia untuk dressing salad. (unsplash)

2. Melawan radikal bebas

Minyak macadamia adalah sumber antioksidan. Menurut National Center for Complementary and Integrative Health, radikal bebas dalam tubuh dapat menyebabkan stres oksidatif yang berkaitan dengan masalah penuaan dan perkembangan sejumlah penyakit, termasuk kanker.

Minyak macadamia juga kaya akan asam oleat, asam lemak tak jenuh yang memiliki sifat antioksidan. Sebuah studi pada tahun 2016 pada tikus menunjukkan bahwa mengambil suplemen asam oleat dapat membantu melindungi terhadap efek stres oksidatif.

3. Merawat kulit

Vitamin E yang terkandung dalam minyak macadamia memiliki banyak khasiat, seperti menjadikannya pelembap yang baik untuk kulit yang sangat kering karena sifatnya yang mudah diserap.

Namun, hindari pemakaian di wajah karena mengoleskan minyak macadamia langsung ke kulit dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Tak hanya itu, minyak sehat ini juga dapat melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari. Pasalnya paparan sinar matahari yang terlalu lama dapat merusak DNA di kulit seseorang.

Studi tabung reaksi menunjukkan bahwa pemberian vitamin E ke kulit dapat melindungi dari kerusakan ini.

Itulah 3 manfaat minyak macadamia mulai dari kesehatan hingga kecantikan. Tertarik mencoba?

Berita Terkini