Info

Berapa Banyak Kalori yang Dibutuhkan dalam Sehari? Begini Kata Ahli

Wanita cenderung membutuhkan antara 1.600 dan 2.400 kalori sehari, dan pria dari 2.000 hingga 3.000.

Vika Widiastuti | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi makanan. (pixabay/stevepb)
Ilustrasi makanan. (pixabay/stevepb)

Himedik.com - Sebagian besar orang mungkin akan menghitung kalori dalam makanan sebelum menyantapnya. Semata-mata karena tidak ingin kelebihan menyantap kalori yang dapat menyebabkan bertambahnya angka timbangan.

Secara ilmu fisika kalori adalah jumlah energi yang dibutuhkan untuk menaikkan suhu 1 gram air hingga 1 celcius. Sedangkan dalam istilah diet, kalori adalah jumlah energi yang ada pada makanan.

Jenis dan jumlah makanan yang kita konsumsi menentukan berapa banyak kalori yang kita konsumsi. Bagi banyak orang yang melakukan diet penurunan berat badan, jumlah kalori dalam makanan adalah faktor penentu dalam memilih untuk memakannya atau tidak.

Dilansir dari Medical News Today, bagaimana dan kapan kita makan juga dapat membuat perbedaan karena tubuh menggunakan energi secara berbeda sepanjang hari. Penggunaan energi tubuh kita akan tergantung pada seberapa aktif kita, seberapa efisien tubuh kita menggunakan energi dan usia.

Ilustrasi makanan enak - (Pixabay/sandid)
Ilustrasi makanan. (Pixabay/sandid)

Menurut Dietary Guidelines for Americans 2015-2020, wanita cenderung membutuhkan antara 1.600 dan 2.400 kalori sehari, dan pria dari 2.000 hingga 3.000. Namun, ini tergantung pada usia, ukuran, tinggi, gaya hidup, kesehatan secara keseluruhan, dan tingkat aktivitas mereka.

Sedangkan asupan kalori untuk bayi 2 tahun berkisar dari 1.000 kalori sehari, dan pria aktif berusia 16-18 tahun butuh hingga 3.200 kalori sehari.

Seiring bertambahnya usia, laju metabolisme mereka melambat. Jadi, ini mengurangi kebutuhan mereka akan energi. Dari usia 19 hingga 25 tahun, asupan yang direkomendasikan untuk wanita adalah 2.000 kalori sehari, tetapi setelah 51 tahun, ini turun menjadi 1.600.

Jadi, sekarang kamu sudah bisa mengira-ngira sendiri berapa jumlah kalori yang dibutuhkan setiap harinya kan?

Berita Terkait

Berita Terkini