Info

Waspada! Persik, Plum, dan Nektarin Ditarik karena Terkontaminasi Listeria

FDA umumkan penarikan buah persik, plum, dan nektarin yang dijual di lebih dari 12 negara.

Vika Widiastuti | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Buah persik. (pixabay/congerdesign)
Buah persik. (pixabay/congerdesign)

Himedik.com - Dilansir dari laman WebMD, Selasa (29/01/19), FDA selaku Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat mengumumkan bahwa buah persik segar, plum, dan nektarin yang dijual di lebih dari 12 negara telah ditarik karena adanya kemungkinan terkontaminasi Listeria.

Beberapa toko yang menjual buah tersebut adalah Walmart, Costco, dan Aldi. Jac Vandenberg Inc., dari Yonkers, NY, selaku perusahaan yang mendistribusikannya, mengirimkan buah-buah tersebut ke negara Alabama, California, Georgia, Illinois, Kentucky, dan Maine.

Massachusetts, Michigan, Mississippi, New Jersey, New York, Carolina Utara, Ohio, Pennsylvania, Carolina Selatan, Tennessee , Virginia, dan Virginia Barat juga menjadi tujuan pengiriman.

Fairway Market, Hannaford, dan Market Basket juga menjual buah-buah tersebut, bersama dengan toko-toko kecil lainnya. Sejauh ini tidak laporan orang yang terjangkit penyakit.

Namun, setelah program pengambilan sampel rutin mengungkapkan adanya kontaminasi, perusahaan telah berhenti mendistribusikan buah meskipun penyelidikan masalah sedang berlangsung.

Buah plum. (pixabay/_Alicja_)
Buah plum. (pixabay/_Alicja_)

Buah persik dan nektarin yang dijual dalam jumlah besar memiliki price look-up number (PLU#) 4044, 3035, atau 4378, dan menunjukkan negara asal Chili.

Buah persik, nektarin, dan prem yang dijual di ALDI dikemas dalam tas 2 pon dengan merek Rio Duero, European Article Number (EAN#) 7804650090281, 7804650090298, 7804650090298, atau 7804650090304.

Sedangkan nektarin yang dijual di Costco dikemas dalam plastik clamshell 4 pon dengan merek Rio Duero, EAN# 7804650090212.

Hal ini perlu dijadikan perhatian serius karena orang yang makan makanan yang terkontaminasi Listeria monocytogenes bisa terjangkit infeksi serius listeriosis. Ini dapat menyebabkan demam dan gejala seperti flu yaitu kelelahan, sakit otot, sakit kepala, leher kaku, kebingungan, dan kehilangan keseimbangan.

Apalagi setiap tahunnya sekitar 1.600 orang menderita listeriosis dan sekitar 260 orang meninggal. Wanita hamil, bayi baru lahir, orang dewasa, lansia, dan orang-orang dengan sistem kekebalan yang lemah lebih cenderung jatuh sakit dan terinfeksi.

Infeksi selama kehamilan dapat menyebabkan keguguran, lahir mati, persalinan dini, dan infeksi yang mengancam jiwa pada bayi yang belum lahir.

Berita Terkait

Berita Terkini