Info

Selain Mengobati Luka Dingin, Ini Manfaat Lidah Buaya Lainnya

Lidah buaya bisa bikin kulit glowing juga, lo.

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

Tanaman lidah buaya. (pixabay)
Tanaman lidah buaya. (pixabay)

Himedik.com - Lidah buaya terkenal dengan banyak manfaat untuk ujung kepala hingga ujung kaki. Diketahui, tanaman ini bisa membantu mempertebal dan memperindah rambut, membuat kulit semakin glowing hingga bisa dikonsumsi.

Untungnya, tanaman ini juga tidak begitu sulit ditemukan di sekitar kita. Berikut beberapa manfaat yang perlu kita tahu dari lidah buaya, dilansir dari medicaldaily.

1. Mengobati luka dingin

"Aloe vera adalah antiseptik yang mengandung enam agen termasuk asam salisilat, fenol dan belerang.

Ini diketahui membantu menghambat jamur, bakteri dan virus," ungkap David Lortscher, MD, seorang ahli dermatologi bersertifikat yang berbasis di California.

Disebabkan oleh virus herpes simpleks, luka dingin adalah bercak lecet yang cenderung terbentuk di sekitar perbatasan bibir.

Luka ini biasanya sembuh dalam beberapa minggu. Gunakan gel lidah buaya agar dapat mempercepat proses sembuh atau mengurangi rasa sakit.

Lidah buaya/unsplash
Lidah buaya/unsplash

2. Bantu hilangkan bekas luka

Lidah buaya berguna dalam membantu hiperpigmentasi pasca-inflamasi. Akan tetapi lidah buaya saja belum ditetapkan sebagai pengobatan yang efektif untuk bisa mengatasi masalah jerawat itu sendiri.

Kamu dapat bertanya kepada dokter kulit apakah ada produk lidah buaya yang dapat kamu gunakan bersama dengan obat perawatan jerawat konvensional.

Satu studi pada 2014 menunjukkan bahwa kombinasi ini mungkin lebih efektif dalam beberapa kasus.

3. Kesehatan mulut yang lebih baik

Satu studi menemukan obat kumur lidah buaya dapat membantu mengurangi indeks periodontal.  Selain itu, studi dalam General Dentistry, mengatakan gel gigi lidah buaya terbukti efektif dalam menghilangkan mikroflora oral patogen di dalam mulut.

Dilip George, salah satu penulis penelitian ini, menjelaskan lidah buaya tidak boleh mendapat panas berlebihan. Namun, belum terbukti bahwa gel dapat sepenuhnya menggantikan pasta gigi komersial dalam memberantas bakteri.

4. Menyembuhkan kulit terbakar

"Lidah buaya bisa menenangkan kulit," Nada Elbuluk, MD, seorang dokter kulit di NYU Langone Medical Center, mengatakan.

Untuk menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari, American Academy of Dermatology merekomendasikan pelembap yang mengandung lidah buaya dan menghindari yang mengandung bahan-bahan seperti minyak bumi, benzocaine, atau lidocaine.

Perlu diingat bahwa mengoleskan lidah buaya pada kulit bukanlah alternatif untuk memakai tabir surya.

Berita Terkait

Berita Terkini