Info

Kamu Punya Masalah Bau Mulut? Waspadai Kondisi Ususmu

Ini makanan yang tak boleh kamu santap biar tidak bau mulut lagi.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yuliana Sere

Gorengan bisa bikin usus tak sehat. (pixabay/ivabalk)
Gorengan bisa bikin usus tak sehat. (pixabay/ivabalk)

Himedik.com - Jika kamu mengalami masalah pencernaan dan bau mulut, kamu mungkin mengalami masalah pada usus. Pada umumnya, kesehatan usus yang buruk meliputi sembelit, diare dan bau mulut.

Menurut The Gut Foundation Australia, setengah populasi penduduk mengeluh masalah pencernaan dalam 12 bulan terakhir, diberitakan dailymail.

Vincent Pedre, penulis Happy Gut mengungkapkan tiga kategori makanan yang ia hindari untuk kesehatan usus yang optimal. Selain itu, dia juga mengungkapkan masakan terbaik saat makan di luar.

Pedre mengatakan bahwa dia menghindari makanan gandum dan gluten, gorengan, dan makanan pedas.

Dia menjelaskan bagaimana gluten menyebabkan sembelit dan pencernaan yang buruk. Menurutnya, makanan yang digoreng adalah keselahan ganda karena digoreng dengan tepung yang mengandung gluten.

Ayam goreng. (pixabay/Free-Photos)
Ayam goreng. (pixabay/Free-Photos)

 

Ia juga menghindari makanan pedas seperti kari karena bisa mengiritasi lapisan usus. Padre juga menyarankan untuk memilih makanan yang mengandung sayuran, salad, dan daging panggang yang jauh lebih mudah dicerna.

Dr Li Yan, seorang ahli kesehatan pencernaan di Procter and Gamble mengatakan, ''Ususmu sangat penting untuk pencernaan makanan, penyerapan dan pembersihan sampah dari tubuh.''

''Semua orang memiliki keunikan tersendiri,'' katanya.

''Namun, buang air besar seharusnya tidak memakan banyak waktu dan kamu tidak perlu mengejan. Sembelit dapat menyebabkan penumpukan bahan limbah dan racun di sistem pencernaanmu. Mengejan merupakan salah satu tanda sembelit.''

Dr Yan merekomendasikan meningkatkan asupan serat melalui makanan gandum, buah-buahan, dan sayuran demi mendapatkan usus sehat.

''Bau mulut bisa berarti ketidakseimbangan bakteri baik dan buruk di ususmu,'' tambah Dr Yan.

''Makan makanan yang sehat dan mendapatkan cukup serat dalam makanan adalah cara yang baik untuk membantu membersihkan bagian dalam dan mendukung kesehatan usus,'' kata dia lagi.

Berita Terkait

Berita Terkini