Info

Sebesar Bola Pingpong, Pil Ini Bisa Deteksi Kanker sejak Dini

Tak hanya kanker, pil bola pingpong juga bisa deteksi penyakit lain.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Bola pingpong - (Pixabay/un-perfekt)
Bola pingpong - (Pixabay/un-perfekt)

Himedik.com - Para insinyur dari Massachusetts Institute of Technology membuat pil sebesar bola pingpong yang dapat mendeteksi kanker sejak dini. Tak hanya itu, inovasi medis ini juga bisa memantau maag dan penyakit perut dan usus lainnya.

Diberitakan New York Post, Jumat (1/2/2019), obat berbahan hidrogel ini bisa masuk ke kerongkongan manusia. Begitu berada di dalam perut, pil ini membengkak menjadi bola yang lembut dan licin yang menyerupai bola pingpong atau tenis meja.

Setelah membesar, sensor pil melakukan penelitian internal pada kesehatan Indeks Glikemik orang yang meminumnya dengan cara melacak suhu lambung. Ukuran pil itu membuatnya bisa bertahan dalam tubuh hingga 30 hari.

Rekan penulis studi ini, Xuanhe Zhao, mengatakan, para ilmuwan yang menciptakan pil ini terinspirasi dari kemampuan ikan buntal dan blowfish untuk mengembang sebagai taktik pertahanan.

 

 

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Nature Communications, untuk mengonsumsi pil ini, pasien harus minum 'larutan garam biokompatibel'.

Sejauh ini, pil 'bola pingpong' hanya diuji pada babi, tetapi Zhao memiliki harapan tinggi terhadap kemampuannya melawan bibit kanker. Pil ini juga dipercaya memiliki bonus kemampuan menurunkan berat badan pada manusia.

''Dengan desain kami, Anda tidak perlu melalui proses yang menyakitkan untuk implan balon yang keras,'' kata Zhao. ''Mungkin Anda bisa meminum beberapa pil ini sebagai gantinya, untuk mengenyangkan perut dan menurunkan berat badan.''

Berita Terkait

Berita Terkini