Info

Tiga Langkah Mudah Balut Otak dengan Pikiran Positif

Otak tidak dirancang untuk menciptakan kebahagiaan, tapi kamu harus menciptakan kebahagiaanmu sendiri dengan cara berpikir positif.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Berpikir positif. (Pixabay/ShonEjai)
Berpikir positif. (Pixabay/ShonEjai)

Himedik.com - Otak tidak dirancang untuk menciptakan kebahagiaan, seperti yang kita harapkan. Melainkan berkembang untuk meningkatkan kelangsungan hidup dengan melepaskan hormon kebahagian yaitu dopamin, serotonin dan oksitosin pada saat tertentu.

Maka dari itu kamu harus terus mengambil langkah-langkah yang merangsang bahan kimia bahagia tersebut dengan cara yang disarankan oleh Loretta Breuning, PhD, Profesor Manajemen di California State University, East Bay, yang dilansir dari Forbes berikut.

1. Bangun sirkuit positif

Negativitas akan menelanmu kecuali dirimu membangun sirkuit positif. Untuk melakukan itu, luangkan satu menit mencari hal positif, tiga kali sehari selama empat puluh lima hari.

Dengan begitu otak akan terlatih untuk mencari hal-hal positif seperti yang sudah dilatih untuk mencari hal-hal negatif. Tidak perlu hal besar, hal positif sekecil apa pun, akan membangun jalur positif.

2. Bentuk PARE negativitasmu

Ketika membangun sirkuit positif, kamu akan membentuk PARE (Personal Agency and Realistic Expectations) negativitasmu.

Personal Agency adalah pilihan langkah selanjutnya yang disukai. Kamu tidak pernah dapat memprediksi hasil dari upayamu, tetapi kamu selalu bisa memilih langkah selanjutnya untuk memenuhi kebutuhan.

Ilustrasi berpikir positif. (Pixabay/Alexas_Fotos)
Ilustrasi berpikir positif. (Pixabay/Alexas_Fotos)

3. Tetap tenang ketika kortisol meningkat

Realistic Expectations adalah alternatif yang dihasilkan ketika kortisol melonjak. Meskipun wajar untuk memiliki perasaan ancaman kelangsungan hidup ketika upaya gagal untuk membawa dampak langsung yang terlihat, kamu dapat mengingatkan diri sendiri bahwa kelangsungan hidup sebenarnya tidak terancam.

Sebagian besar pencapaian manusia berasal dari upaya yang tidak membawa dampak langsung yang terlihat. Ketika hasil mengecewakan, kamu dapat menyesuaikan harapan dan mengambil langkah lain.

Bentuk PARE dan kamu akan memperoleh REAP, karena Realistic Expectations menuntunmu pada Acting Personally. Sehingga tubuh akan merangsang hormon kebahagiaanmu sendiri, bukan malah berharap dunia merangsangnya untukmu.

Mulai sekarang coba terapkan metode di atas, buang pikiran negatif dan cobalah menjadi pribadi yang lebih positif.

Berita Terkait

Berita Terkini