Info

Flu Mudah Menyerang Saat Musim Hujan, Begini 5 Cara Meredakannya

Selain mencuci tangan. Ingin tahu apa saja? Berikut lima langkah meredakan flu.

Vika Widiastuti

Ilustrasi Flu. (pixabay/4330009)
Ilustrasi Flu. (pixabay/4330009)

Himedik.com - Salah satu penyakit yang umum menyerang pada saat musim hujan adalah flu. Penyakit yang disebabkan oleh virus ini bisa menyerang siapapun, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Oleh karena itu, jangan anggap sepele bila gejala flu mulai Anda rasakan. Terlebih bila di rumah ada anak kecil yang lebih rentan tertular flu.

Untuk membatasi penyebaran pilek atau flu, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan, selain mencuci tangan. Ingin tahu apa saja? Berikut lima langkah meredakan flu dilansir SUARA.com dari Mother.ly.

1. Tingkatkan kekebalan tubuh dengan sarapan
Melawan flu bisa dimulai di meja sarapan. Ahli diet terdaftar Susan Stalte mengatakan keluarga harus memghindari makanan olahan dan menambahkan lebih banyak makanan padat gizi terutama saat sarapan.

Ilustrasi menu sarapan sehat. (Shutterstock)
Ilustrasi sarapan membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga dapat menangkal flu. (Shutterstock)

"Protein pagi hari sangat penting bukan hanya untuk rasa kenyang, tetapi juga membantu memperbaiki jaringan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara umum," kata Stalte.

Dia mengatakan, orangtua harus memilih sumber protein utuh seperti daging, ikan, susu, telur, kacang-kacangan atau tahu untuk menambahkan protein penambah kekebalan tubuh untuk sarapan. Kemudian bertujuan untuk memperbaikinya, setidaknya konsumsi juga disepanjang sisa hari itu.

"Diet gizi seimbang adalah yang terbaik untuk pencegahan flu karena setiap nutrisi memainkan peran kunci yang berbeda dalam kesehatan secara keseluruhan," kata Stalte.

Berita Terkait

Berita Terkini