Info

Sakit Saat Sedang Liburan? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Berikut beberapa alasan kenapa Anda bisa jatuh sakit saat sedang berlibur.

Vika Widiastuti

Ilustrasi sakit saat liburan. (Pixabay/sweetlouise)
Ilustrasi sakit saat liburan. (Pixabay/sweetlouise)

Himedik.com - Pernahkan Anda merasa sakit atau tiba-tiba drop saat liburan? Ya, sakit memang bisa menyerang siapa saja, bahkan saat liburan.  Namun, sakit, terutama saat liburan adalah hal yang tidak menyenangkan. Sebab, Anda tidak bisa menikmati liburan secara maksimal

Dan menurut Dr. Edo Paz, seorang dokter untuk K Health, aplikasi perawatan primer dan direktur klinis di Heartbeat Health, sebuah pusat kardiovaskular di New York, hal ini mungkin disebabkan Anda terlalu menghabiskan banyak waktu di tempat kerja untuk mempersiapkan liburan.

Atau mungkin Anda melewatkan sesi olahraga selama liburan, sehingga tubuh Anda tidak dalam kondisi fit dan bugar seperti biasanya.

"Perilaku ini dapat membuat tubuh Anda dan sistem kekebalan tubuh Anda menurun. Anda mungkin lebih stres dan lelah di hari-hari menjelang liburan, sambil mengatur semua hal yang Anda perlukan sebelum pergi berlibur," katanya.

Karenanya, penting untuk menjaga rutinitas yang seimbang, bahkan meski Anda memiliki daftar tugas yang tidak ada habisnya sebelum Anda berangkat berlibur, kata Paz.

"Lakukan yang terbaik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda tetap prima selama waktu yang rentan ini. Itu berarti Anda tetap harus makan sehat, berolahraga, banyak tidur, jaga berat badan agar sehat, dan jangan merokok atau minum alkohol berlebihan," ujar dia.

Nah, ini dia beberapa alasan kenapa Anda bisa jatuh sakit saat sedang berlibur, seperti dilansir SUARA.com dari HuffPost.

1. Anda mungkin mengalami 'efek let-down'.
Bukan hanya flu, banyak ahli juga melihat peningkatan gejala kesehatan mental, masalah nyeri kronis, atau penyakit lain ketika mereka rileks. Ini dikenal sebagai "efek let-down," dan biasanya terjadi setelah periode stres yang intens.

Cara terbaik untuk mencegah hal ini adalah dengan mengendalikan stres Anda sebanyak mungkin. Ini dapat dilakukan dengan berolahraga, bergaul dengan teman-teman, berbicara dengan terapis, atau melakukan kegiatan perawatan diri lainnya.

2. Bepergian dapat mengacaukan sistem kekebalan tubuh Anda
Saat bepergian, Anda melakukan kontak dengan banyak orang, dan akibatnya Anda terpapar dengan banyak kuman. "Banyak dari infeksi kuman ini datang dari orang-orang yang sakit di sekitar Anda. Masalah ini sangat sering terjadi di pesawat terbang, ketika ada banyak orang bepergian berada di ruangan kecil dengan sirkulasi udara yang kurang," ujar Paz

Untuk melindungi diri Anda sendiri, pastikan untuk sering mencuci tangan dan berusaha mempertahankan kebiasaan sehat saat Anda dalam perjalanan.

3. Pentingnya pencegahan penyakit
Saran Paz, "Pertama-tama, minta suntikan flu sebelum Anda berangkat berlibur. Setelah itu, praktikkan kebersihan dengan baik. Sering-seringlah mencuci tangan, membersihkan, serta mendisinfeksi permukaan yang biasa disentuh." Cukup mudah, kan?

(SUARA.com/Dinda Rachmawati)

Berita Terkait

Berita Terkini