Info

Anti Ribet, Ini Lima Cara Mudah Pencegahan Penyakit

Cukup cuci tangan, olahraga, cukup tidur, makan, dan tetap terhidrasi.

Vika Widiastuti | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi sakit. (Unsplash/Marcelo Leal)
Ilustrasi sakit. (Unsplash/Marcelo Leal)

Himedik.com - Banyak penyakit mengintai ketika musim hujan datang. Flu, demam, hingga DBD merupakan beberapa di antara banyak penyakit yang mengintai pada musim hujan.

Supaya terhindar dari bahaya, sebaiknya lakukan tindakan pencegahan penyakit yang dirangkum dari laman doctoroz berikut.

Cuci tangan

Kebanyakan orang tahu bahwa mencuci tangan itu penting, tapi faktanya studi menunjukkan hanya 50 persen wanita mencuci tangannya sebelum meninggalkan kamar mandi, dan jumlahnya lebih buruk untuk pria.

Cuci tangan secara teratur sepanjang hari karena ini adalah metode paling dasar untuk mencegah infeksi.

Olahraga

Cuaca dingin jangan dijadikan alasan untuk tidak olahraga. Jogging atau bersepeda memang baik, tetapi aktivitas fisik yang jauh lebih ringan juga sudah cukup kok.

Pasalnya banyak penelitian menunjukkan bahwa orang yang lebih aktif secara fisik juga jauh lebih kecil kemungkinannya untuk sakit.

Ilustrasi berlari. (pixabay/StockSnap)
Ilustrasi jogging. (pixabay/StockSnap)

Makan dengan baik

Tidak ada pengganti untuk buah dan sayuran dalam hal meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Alih-alih menggunakan multivitamin untuk meningkatkan asupan vitamin dan mineral, sayuran segar adalah cara terbaik dan paling alami untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh agar tetap sehat dan melawan infeksi.

Cukup tidur

Kurang tidur sering menyebabkan penyakit. Namun, para ilmuwan dan dokter belum tahu pasti bagaimana hal itu bisa berkaitan, yang jelas sistem kekebalan tubuh membutuhkan waktu istirahat untuk melakukan tugasnya dengan baik.

Tetap terhidrasi

Bagian tubuh seperti mata, mulut, hidung, paru-paru, dan lainnya memerlukan cairan untuk membentuk lapisan pelindung yang tugasnya menjerat setiap penyerang yang mencoba mengakses tubuh dan membantu menghancurkan mereka atau membuangnya.

Jika kamu mengalami dehidrasi, permukaan ini mengering dan kehilangan perlindungannya, sehingga membuatmu mudah terkena infeksi.

Meski terkesan sepele dan simple, cara di atas kamu butuhkan jika ingin terhindar dari penyakit. Jadi, selalu terapkan ya!

Berita Terkait

Berita Terkini