Info

Tak Hanya Cantik, Tanaman Ini Juga Bisa Bersihkan Udara dari Racun, lo!

Dalam penelitian NASA, krisan adalah juara pemurni udara.

Vika Widiastuti | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi bunga pembersih udara. (pixabay/JamesDeMers)
Ilustrasi bunga pembersih udara. (pixabay/JamesDeMers)

Himedik.com - Kualitas udara yang buruk tentunya dapat memengaruhi kondisi kesehatan. Apalagi diketahui polutan udara dalam ruangan telah menempati peringkat di antara lima risiko lingkungan teratas terhadap kesehatan masyarakat.

Ini karena lingkungan dalam ruangan yang stagnan memungkinkan polutan menumpuk dan bertahan dalam jumlah yang lebih besar daripada yang seharusnya manusia hirup.

Hidup dan bekerja di tempat yang penuh dengan kontaminan udara dan kurang layak ventilasi dapat menyebabkan sick building syndrome yang dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, mual, iritasi mata, telinga, dan hidung.

Namun tak perlu khawatir, menurut para ilmuwan NASA menambahkan tanaman pot ke dalam ruangan telah terbukti mengurangi jumlah partikulat udara.

Sebenarnya kabar itu bukanlah hal baru, sudah banyak orang yang menggunakan tananam hias untuk membersihkan udara. Sayangnya, terkadang warnanya terlalu hijau.

Nah, dirangkum dari Everyday Health, berikut dua tanaman pembersih udara yang juga memanjakan mata.

1. Garden mum (krisan kebun)

Bunga krisan. (Pixabay/armennano)
Bunga krisan. (Pixabay/armennano)

Dalam penelitian NASA, tanaman ini adalah juara pemurni udara, menghilangkan amonia, benzena, formaldehida, dan xylene dari udara dalam ruangan.

Selain sangat populer dan memiliki bunga yang indah, harga krisan juga relatif murah serta mudah didapat. Setelah selesai mekar, tumbuhan ini dapat ditanam di luar ruangan.

2. Peace lily

Peace lily. (PIxabay/Gadini)
Peace lily. (PIxabay/Gadini)

Mudah tumbuh, tanaman ini akan berbunga selama musim panas. Taruh bunga lily di tempat teduh dan jaga agar tanah tetap lembap tanpa terlalu banyak air.

Meski ukurannya mungil, tanaman ini akan menghapus amonia, benzena, formaldehida, dan trikloretilen dari udara sekitar.

Cara kerja kedua tanaman di atas, sama seperti tanaman pembersih yang lain. Tumbuhan menyerap sebagian partikel dari udara bersamaan dengan saat menyerap karbon dioksida, yang kemudian diproses menjadi oksigen melalui fotosintesis.

Tak hanya itu, pembersihan udara juga dibantu oleh mikroorganisme yang ada dalam tumbuhan dan pot tanaman. Jadi, kalau kamu suka bunga, dua pilihan tanaman pembersih udara itu sangat coco ditaruh di dalam rumah.

Berita Terkait

Berita Terkini