Info

Redakan Cegukan dengan 5 Makanan Ini

Kamu pernah cegukan?

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

Redakan cegukan dengan makan makanan ini. (Pixabay/derneuemann)
Redakan cegukan dengan makan makanan ini. (Pixabay/derneuemann)

Himedik.com - Pernahkah kamu mengalami cegukan? Cegukan biasanya disebabkan oleh sejumlah faktor, misalnya makan terlalu cepat, gugup, makan banyak, atau udara yang terlalu banyak masuk lewat mulut.

Melansir dari webmd, cegukan bisa menyebabkan kejang pada diafragma. Kejang ini bisa menyebabkan pita suara tertutup secara tiba-tiba yang kemudian akan membuat seseorang mengeluarkan suara seperti 'hik'.

Cegukan ini terdiri dari dua, yaitu cegukan singkat dan panjang. Cegukan singkat biasanya terjadi paling lama hingga satu jam.

Sementara itu, cegukan panjang biasanya mencapai 48 jam. Jika kamu mengalami cegukan jenis ini, sebaiknya segera bertemu dokter.

Untuk meredakan cegukan, kali ini HiMedik telah merangkum 5 makanan yang bisa kamu makan, dilansir dari nhs.uk.

1. Selai kacang

ilustrasi selai kacang - (Pixabay/stevepb)
Selai kacang bisa membantu meredakan cegukan - (Pixabay/stevepb)

Tekstur selai kacang yang padat dan lengket bisa membantu meredakan cegukan karena ia bisa mendorong udara yang ada di tenggorokan.

Cukup satu sendok makan selai kacang lalu diemut selama kurang lebih 5 sampai 10 detik.

2. Sari cuka apel

Sari cuka apel bisa membantu meredakan cegukan. Minum setengah sendok teh sari cuka apel karena ini memiliki khasiat yang sama dengan jeruk nipis dan lemon.

3. Gula pasir

Gula. (pixabay)
Gula. (pixabay)

Gula pasir bisa memberi rangsangan pada otot diagfragma karena rasanya yang manis. Ini bisa membantu membuat otot semakin rileks. Kamu hanya perlu mengemut butiran gula pasir.

4. Lemon atau jeruk nipis

Selain ketiga makanan di atas, kamu juga bisa mencoba menggigit potongan jeruk nipis atau lemon kemudian minum airnya. Diketahui kandungan vitamin C bisa membantu menghilangkan gangguang saraf yang berfungsi untuk berbicara atau menelan.

5. Air putih

Ilustrasi minum es. (Shutterstock)
Air es cepat meredakan cegukan. (Shutterstock)

Air putih pada umumnya sudah menjadi salah satu kebiasaan yang langsung dilakukan jika seseorang mengalami cegukan.

Kamu bisa meminum air putih dingin untuk cepat meredakan cegukan atau usapkan es batu pada tenggorokan sehingga saraf yang kejang bisa menjadi rileks.

Berita Terkait

Berita Terkini