Info

Perhatikan, Begini Lima Cara Mencegah Batu Ginjal

Batu ginjal terbentuk ketika bahan kimia tertentu menjadi cukup terkonsentrasi di urine untuk membentuk kristal.

Vika Widiastuti | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ginjal yang penuh dengan batu ginjal. (twitter/@GiaPratamaMD/media)
Ginjal yang penuh dengan batu ginjal. (twitter/@GiaPratamaMD/media)

Himedik.com - Batu ginjal terbentuk ketika bahan kimia tertentu menjadi cukup terkonsentrasi di urine untuk membentuk kristal. Kristal tumbuh menjadi massa yang lebih besar (batu), yang dapat masuk melalui saluran kemih.

Kebanyakan batu terjadi ketika kalsium bergabung dengan salah satu dari dua zat, oksalat atau fosfor. Batu juga bisa terbentuk dari asam urat, yang terbentuk saat tubuh memetabolisme protein.

Jika batu tersangkut di suatu tempat dan menghalangi aliran urine, itu menyebabkan rasa sakit. Dirangkum dari Harvard Health Publishing, berikut cara mencegah batu ginjal yang dipaparkan oleh Dr. Melanie Hoenig.

Banyak minum air putih

Minum air putih dapat mencairkan substansi dalam urine yang menyebabkan batu. Usahakan minum cukup cairan (kira-kira 8 gelas ukuran 8 ons) untuk mengeluarkan 2 liter urin per hari.

Mungkin bisa juga tambahkan beberapa minuman jeruk, seperti lemon dan jus jeruk. Sitrat dalam minuman ini membantu menghambat pembentukan batu.

Cukupi kebutuhan kalsium dalam tubuh

Terlalu sedikit kalsium dalam makanan dapat menyebabkan kadar oksalat meningkat dan menyebabkan batu ginjal. Untuk mencegah hal itu terjadi, pastikan untuk mengonsumsi sejumlah kalsium sesuai kebutuhan harian.

Pria berusia 50 tahun ke atas harus mendapatkan 1.000 mg kalsium per hari, bersama dengan 800 hingga 1.000 unit internasional (IU) vitamin D untuk membantu tubuh menyerap kalsium. Namun, dapatkan kalsium dari makanan, karena beberapa penelitian mengaitkan penggunaan suplemen kalsium dengan batu ginjal.

ilustrasi susu - (Pixabay/Imoflow)
Susu sumber kalsium. (Pixabay/Imoflow)

 

Kurangi natrium

Diet tinggi natrium dapat memicu batu ginjal karena meningkatkan jumlah kalsium dalam urin. Pedoman saat ini menyarankan membatasi asupan natrium harian total menjadi 2.300 mg.

Namun, jika sebelumnya pernah menderita batu ginjal yang disebabkan oleh natrium, cobalah kurangi asupan harian menjadi 1.500 mg.

Batasi protein hewani

Makan terlalu banyak protein hewani, seperti daging merah, unggas, telur, dan makanan laut, meningkatkan kadar asam urat dan dapat menyebabkan batu ginjal. Diet tinggi protein juga mengurangi kadar sitrat, bahan kimia dalam urine yang membantu mencegah pembentukan batu.

Hindari makanan pembentuk batu

Makanan kaya oksalat seperti bit, cokelat, bayam, rhubarb, teh, dan sebagian besar kacang, serta minuman berkarbonasi yang kaya akan fosfat, dapat berkontribusi pada batu ginjal.

Yuk, mulai hidup lebih sehat! Hindari segala pemicu yang menyebabkan batu ginjal ya!

Berita Terkait

Berita Terkini