Info

Mudah Merasa Lapar Saat Bekerja? Cek Bisa Jadi Ini Sebabnya

Camilan yang ada di depan mata akan membuat seseorang cenderung akan memakannya.

Vika Widiastuti

Ilustrasi makanan (Unplash/Haseeb Jamil)
Ilustrasi makanan (Unplash/Haseeb Jamil)

Himedik.com - Apakah Anda sering merasa lapar saat bekerja? Padahal belum lama makan, tetapi perut rasanya minta diisi kembali?

Apalagi anehnya, rasa lapar yang menggebu ini lebih sering datang saat Anda berada di kantor dibanding ketika akhir pekan di rumah.

Hal inilah yang terungkap dari data Centre for Disease Control and Prevention, AS, yang menemukan bahwa rata-rata orang mengonsumsi sekitar 1.300 ektra kalori dari makanan seperti pizza, kue, soda, hingga biskuit, di waktu kerja.

Dilansir Suara.com dari laman News, jumlah kalori ekstra tersebut sama dengan jumlah kalori yang biasa kita konsumsi sehari penuh. Makanya, tak heran jika setiap tahun lingkar pinggang para pekerja kantoran terus saja bertambah.

Mau tahu kenapa Anda cenderung lebih mudah merasa lapar di kantor? Ini dia beberapa alasannya menurut para peneliti:

1. Bosan
Sepanjang hari menghabiskan waktu di meja kerja dan di depan komputer seringkali membuat kita merasa jenuh. Ketika bosan, orang cenderung makan tanpa berpikir.

Salah satu cara mengatasinya adalah dengan tidak membiasakan menyimpan camilan di meja kerja. Camilan yang ada di depan mata akan membuat seseorang cenderung akan memakannya.

Coba cari alternatif lain ketika sedang merasa bosan, misalnya dengan jalan-jalan ke luar gedung, atau mendengarkan musik.

2. Banyak makanan di sekitar Anda
Banyak makanan yang menggoda seperti biskuit atau camilan lainnya di sekitar Anda, entah yang dibawa oleh teman, atau yang dijajakan di dekat kantor Anda. Akibatnya, Anda jadi tergoda untuk mengonsumsi makanan lebih banyak dan sering.

Nah, supaya kuat iman, hindari kebiasaan minum teh di pagi atau siang hari, yang biasanya melibatkan kue atau biskuit tinggi gula untuk menemaninya. Usahakan untuk selalu mengkonsumsi makanan sehat dan berserat sehingga perut Anda cukup kenyang dan tidak tergoda mengonsumsi makanan-makanan tersebut.

Makanan sehat dan murah. (unsplash/@Henrique Félix)
Makanan sehat dan murah. (unsplash/@Henrique Félix)

3. Orang lain di sekitar Anda suka makan
Rasa lapar juga dipengaruhi oleh orang-orang di sekitar. Jika rekan kerja Anda hobi makan, otomatis kebiasaannya akan menulari Anda.

Lalu semakin banyak makanan yang diasup, maka semakin banyak pula makanan yang diinginkan oleh tubuh. Itulah mengapa tubuh terus-menerus mencari makan.

Jika dibiarkan, kebiasaan ini dapat menyebabkan berat badan Anda melonjak naik. Agar tak terpengaruh dengan pola makan teman, buatlah waktu makan sendiri dan patuhi jadwal yang sudah dibuat.

4. Haus
Rasa haus memang seringkali memberikan sinyal yang membingungkan bagi tubuh, dan paling sering ditangkap sebagai sinyal lapar. Padahal, bisa jadi itu sebenarnya tanda bahwa Anda mengalami dehidrasi akibat tidak cukup minum.

Orang dewasa membutuhkan setidaknya dua liter air per hari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Pastikan Anda selalu menyimpan botol air di meja ketika bekerja dan targetkan minum air sekitar 1-1,5 liter ketika sedang bekerja untuk menjaga rasa lapar tetap di bawah kontrol.

Ilustrasi makanan manis. (unsplash)
Ilustrasi makanan manis. (unsplash)

5. Makan terlalu banyak makanan manis
Semakin banyak makanan manis yang dikonsumsi, semakin besar kemungkinan Anda terus merasa lapar. Artinya, jika Anda memulai hari dengan minum kopi bergula, biskuit manis, ngemil cokelat, Anda pun berisiko untuk terus 'kelaparan' sepanjang hari.

Kalau Anda merasa lapar di luar jam makan siang, hindari camilan manis. Dan perbanyaklah konsumsi sayur-sayuran, buah, dan cemilan tinggi protein untuk menjaga perut tetap kenyang. (SUARA.com/Vania Rossa)

Berita Terkait

Berita Terkini