Info

Biasa Digunakan untuk Pakan Ternak, Tanaman Ini Ternyata Bermanfaat, lo!

Alfalfa bermanfaat untuk cegah kanker lho!

Vika Widiastuti | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Alfalfa. (pixabay)
Alfalfa. (pixabay)

Himedik.com - Alfalfa merupakan salah satu jenis tanaman keluarga legum yang biasanya dimanfaatkan untuk pakan ternak. Padahal sebenarnya tumbuhan itu tergolong dalam tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat kesehatan, lo.

Bahkan ramuan alfalfa sudah sejak lama digunakan dalam pengobatan tradisional China. Dilansir dari Boldsky, berikut manfaat alfalfa untuk kesehatan.

1. Mencegah kanker

Kecambah alfalfa mengandung canavanine, asam amino yang memiliki sifat pencegahan kanker. Canavanine juga membantu pengikatan karsinogen, yang ada di usus. Tak hanya itu, kecambah juga dikemas dengan fitoestrogen dan antioksidan yang menekan pertumbuhan sel kanker dan menyeimbangkan hormon.

2. Membantu penurunan berat badan

Jumlah kalori yang secara substansial rendah hadir dalam kecambah alfalfa, bersama dengan kandungan seratnya akan membuat kamu kenyang lebih lama. Sehingga dapat mencegah keinginan untuk ngemil yang merupakan penyebab utama kenaikan berat badan yang tak sehat.

Sedangkan kandungan vitamin dalam kecambah akan membantu menstimulasi metabolisme tubuh, yang akan meningkatkan metabolisme energi dan tingkat energi sehingga membantu membakar lemak berlebih.

Alfalfa. (pixabay)
Alfalfa. (pixabay)

3. Mencegah ISK

Sifat diuretik dari kecambah alfalfa membantu mencegah timbulnya infeksi saluran kemih. Tanaman ini juga dapat mempercepat pembuangan bakteri yang menyebabkan infeksi pada saluran kemih atau kandung kemih.

4. Mencegah diabetes

Kandungan serat dalam alfalfa membantu menjaga keseimbangan insulin dan glukosa dalam tubuh, sehingga mencegah kenaikan dan penurunan kadar gula darah yang tidak merata. Konsumsi kecambah yang teratur dan terkontrol juga dapat mengurangi risiko sindrom metabolik yang terkait dengan diabetes.

5. Meningkatkan sistem imun

Konsumsi kecambah alfalfa secara teratur dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini berkat kandungan fitonutrien seperti L-canavanine dan klorofil yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Itulah manfaat alfalfa untuk kesehatan. Semoga bermanfaat!

Berita Terkait

Berita Terkini