Info

Tiga Masalah Umum Kehidupan yang Wajib Diperhatikan, Apa saja?

Meski kucing dan anjing adalah sahabat manusia, keduanya bisa menyebabkan manusia terserang penyakit.

Vika Widiastuti | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi masalah. (Pixabay/qimono)
Ilustrasi masalah. (Pixabay/qimono)

Himedik.com - Dalam hidup, pasti ada hal-hal yang kita khawatirkan. Entah itu mengenai pekerjaan, hubungan, atau masalah kesehatan. Apapun itu, kamu perlu waspada dengan bahaya di sekitar kita.

Pasalnya penulis buku 'Worried? Science investigates some of life’s common concerns', Eric Chudler dan Lise Johnson, telah menyelidiki lebih dari 50 ancaman yang dirasakan seputar makanan, perjalanan, lingkungan dan banyak lagi.

Dalam penyelidikan tersebut, mereka menemukan bahwa memang ada banyak yang tidak berbahaya. Namun, beberapa masalah umum kehidupan berikut harus selalu kamu perhatikan. Apa saja?

1. Kucing dan anjing

Antara tahun 2001 dan 2006 di AS, lebih dari 85.000 orang per tahun dirawat di ruang darurat karena terluka akibat terjatuh yang disebabkan oleh anjing dan kucing. Yang mana 31 persennya tersandung anjing mereka sendiri.

"Anjing menggigit lebih dari 4,5 juta orang di Amerika Serikat dan membuat 800.000 orang pergi ke dokter setiap tahun," tulis Eric Chudler dan Lise Johnson, yang dilansir dari New York Post.

Sementara rabies dari gigitan anjing telah hampir dihilangkan di AS, penyakit ini membunuh lebih dari 59.000 orang di seluruh dunia setiap tahun, dengan 99 persen disebabkan oleh gigitan anjing.

Kucing dan anjing. (Pixabay/huoadg5888)
Kucing dan anjing. (Pixabay/huoadg5888)

Sedangkan kucing bertanggung jawab atas 10-15 persen kunjungan ruang gawat darurat karena gigitannya, dan 30 persen orang yang mengunjungi dokter karena digigit kucing harus dirawat di rumah sakit.

Belum lagi aktivitas menjilat atau menggaruk yang dapat menularkan bakteri Bartonella henselae yang menyebabkan cat-scratch disease (CSD).

Penyakit tersebut telah menyerang sebanyak 12.500 orang per tahun di AS, yang dapat menyebabkan demam, sakit kepala, lecet, pneumonia serta kerusakan otak.

2. Kuman transportasi umum

"Para peneliti menemukan ratusan spesies bakteri yang berbeda pada pintu kereta bawah tanah NYC, kios tiket, bangku, pegangan tangan, pintu dan kursi," tulis para penulis.

Ilustrasi kereta bawah tanah. (pixabay/Engin_Akyurt)
Ilustrasi kereta bawah tanah. (pixabay/Engin_Akyurt)

"Sebagian besar (57 persen) bakteri ini ternyata tidak berbahaya, tetapi 12 persen spesies diketahui menyebabkan penyakit pada manusia."

Patogen berbahaya ini meliputi penyakit pes, anthrax, dan methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA). Yang terakhir ini sangat mengkhawatirkan, karena infeksi MRSA sulit diobati dan dapat menyebabkan gejala yang mengancam jiwa.

3. Kesalahan medis

Sebuah studi tahun 2016 yang dilakukan oleh Johns Hopkins menemukan bahwa 250.000 orang meninggal di AS setiap tahunnya, disebabkan oleh kesalahan medis.

Duh, mulai sekarang lebih waspada dan jaga kesehatan ya. Jangan sampai sistem imun tubuh menurun supaya tidak mudah terinfeksi penyakit.

Berita Terkait

Berita Terkini