Info

Cara Menjaga Kehidupan Seks Tetap Sehat dalam Pernikahan

Ini 11 cara jaga kehidupan seks agar tetap sehat.

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

Ilustrasi pasangan - (Pixabay/StockSnap)
Ilustrasi pasangan - (Pixabay/StockSnap)

Himedik.com - Seks seharusnya tidak membosankan dalam sebuah hubungan pernikahan. Seiring berlalunya waktu, kehidupan seks seharusnya menjadi lebih baik.

Kamu berdua saling kenal dengan baik, saling tahu kesukaan masing-masing, kebiasaan dan sebagainya. Namun, kita tahu ada hal sehari-hari yang bisa mengganggu kehidupan seks.

Misalnya pekerjaan rumah, anak-anak, keuangan dan sebagainya. Melansir dari verywellmind, berikut beberapa kunci untuk mendapatkan kehidupan seks yang sehat dalam pernikahan.

1. Komunikasi adalah kunci kehidupan seks yang sehat dan aktif dalam hubungan perkawinan. Lakukan sesering mungkin mengobrol tentang hal yang menyenangkan untuk membangun keintiman.

2. Ceritakan keinginan seksualmu. Bersikap terbuka dan jujur tentang apa yang kamu inginkan.

Kamu tidak harus menggunakan waktu ini untuk mengkritik pasanganmu. Tegaskan apa yang kamu inginkan lebih banyak di kamar dan apa yang membuatmu merasa baik.

ilustrasi pernikahan - (Pixabay/NGDPhotoworks)
Ilustrasi pernikahan - (Pixabay/NGDPhotoworks)

3. Bicaralah satu sama lain tentang harapanmu tentang bercinta. Harapan palsu atau tidak terpenuhi dapat merusak pernikahanmu. Jika harapanmu tidak terpenuhi oleh pasangan, komunikasikan hal ini dengan bijaksana.

4. Keintiman seksual adalah proses penemuan yang berkelanjutan. Keintiman sejati melalui komunikasi adalah apa yang membuat seks menjadi luar biasa.

5. Seks dalam hubungan jangka panjang bisa menambah banyak pengalaman. Tidak peduli berapa kali kamu telah bercinta satu sama lain, keajaiban dan kekaguman ketertarikan satu sama lain pasti masih ada di sana.

6. Cobalah untuk mengatur suasana hati terlebih dahulu. Jika kamu ingin melakukan hubungan seks yang baik di malam hari, mulailah pemanasan di pagi hari.

7. Kamu mungkin menganggap seks spontan akan jauh lebih menarik. Namun tak ada salahnya jika kamu menjadwalkan hal ini.

Ilustrasi pernikahan bahagia. (pixabay)
Ilustrasi pernikahan. (pixabay)

8. Beri tahu pasangan bahwa kamu peduli dan memikirkannya sepanjang hari melalui catatan, SMS, panggilan telepon, pelukan, dll.

9. Jangan berharap pasanganmu menjadi satu-satunya dalam pernikahan yang bertanggung jawab atas percintaan. Kalian berdua perlu bertanggung jawab untuk memiliki pernikahan yang intim dan sukses.

10. Pegang tangan dan tunjukkan kasih sayang lebih sering. Wanita khususnya perlu merasa dicintai agar memiliki keinginan untuk berhubungan seks.

11. Luangkan waktu untuk kencan malam dan bersikaplah terbuka untuk mencoba hal-hal baru.

Berita Terkait

Berita Terkini