Info

Atasi Insomnia hingga Payudara Kendur, 5 Manfaat Putri Malu untuk Kesehatan

Tapi jangan berlebihan ya kalau pakai ramuan putri malu.

Vika Widiastuti | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Tumbuhan putri malu - (Pixabay/KrishnenduPramanick)
Tumbuhan putri malu - (Pixabay/KrishnenduPramanick)

Himedik.com - Tumbuhan putri malu banyak disukai anak-anak karena bisa dibuat untuk bermain-main. Tumbuhan liar bernama latin Mimosa pudica ini akan menyusut dan mengatup ketika disentuh.

Namun, di balik keunikannya itu, banyak yang tak sadar, ada manfaat untuk kesehatan dari putri malu.

Menurut Dokter Gopi Krishna Maddikera dari MavCure, putri malu memiliki sifat antibakteri, antivenom, antidepresan, afrodisiak, antikonvulsan, anti-kesuburan, dan anti-asma. Tanaman ini juga memiliki sifat emetik, obat penenang, dan tonik.

Selain itu, Mimosa pudica sangat kaya akan alkaloid, flavonoid, asam amino non-protein (mimosin), tanin, sterol, terpenoid, dan asam lemak. Berikut ini 5 masalah kesehatan yang dapat diatasi dengan putri malu:

1. Pendarahan berlebih saat menstruasi

Putri malu berguna untuk mengendalikan pendarahan berlebih saat menstruasi. Tanaman ini memiliki kandungan yang dapat menyeimbangkan hormon dalam tubuh.

Untuk mengurangi pendarahan berlebih saat menstruasi, campurkan 6 sendok teh ekstrak putri malu dengan madu dan minum tiga kali sehari.

2. Payudara yang kendur

Tak perlu operasi yang mahal, cukup siapkan ulekan daun putri malu dan akar Ashwagandha, lalu oleskan pada payudara agar terangkat.

Ramuan ini membantu mengencangkan otot-otot yang meregang dari dalam.

Tumbuhan putri malu - (Pixabay/dani_chalkr)
Tumbuhan putri malu - (Pixabay/dani_chalkr)

3. Insomnia/kurang tidur

Putri malu juga digunakan untuk merilekskan otak dan tubuh dari kecemasan dan stres. Ketika otak Anda tenang, tidur menjadi jauh lebih mudah.

Hancurkan daun putri malu menggunakan cobek. Rebus ulekan daun itu dalam air panas dan saring. Minum ramuan ini pada malam hari, dan dalam 15-20 hari Anda akan melihat hasilnya.

4. Ejakulasi Dini

Mimosa pudica juga digunakan untuk membantu pria yang menderita disfungsi ereksi. Namun, belum ada penelitian yang dilakukan untuk membuktikan manfaat ini dari putri malu.

Ambil biji tanaman ini dan campur dengan jumlah gula yang sama. Di malam hari, minumlah 2 sendok teh ramuan itu dengan susu hangat.

5. Rambut Rontok

Putri malu membantu pertumbuhan sel-sel rambut baru dan mengendalikan kerontokan serta kebotakan rambut. Jika rambut Anda mudah rontok, sebaiknya gunakan sampo herbal yang mengandung ekstrak Mimosa Pudica.

Untuk hasil yang lebih baik, ambil segenggam putri malu. Tambahkan air dan minyak kelapa, dan hancurkan. Oleskan ulekan ini selama sekitar 20 menit, kemudian bilas.

Berita Terkait

Berita Terkini