Info

Tak Cuma Anti-ribet, Ini 5 Alasan Olahraga Tanpa Busana Lebih Bermanfaat

Mau coba, olahraga sambil telanjang?

Vika Widiastuti | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Ilustrasi olahraga tanpa busana - (Unsplash/@casperlyghostface)
Ilustrasi olahraga tanpa busana - (Unsplash/@casperlyghostface)

Himedik.com - Enggak perlu bingung milih sport bra atau celana pendek, olahraga tanpa busana disebut-sebut punya lebih banyak manfaat. Selain bisa meningkatkan citra tubuhmu, kamu akan lebih termotivasi untuk tetap aktif dengan berolahraga tanpa busana.

Pelatih pribadi Keith McNiven mengatakan, mungkin terdengar gila, tetapi latihan yang benar-benar dilakukan dengan telanjang sebenarnya baik untukmu. Dia mengatakan, olahraga dalam keadaan telanjang membantu memaksimalkan latihanmu.

Mengutip New York Post, dia mengungkapkan 5 alasan utama mengapa kamu harus menanggalkan semua pakaian saat berolahraga:

1. Belajar cintai dirimu

Bagi kebanyakan dari kita, pergi ke gym bertujuan agar terlihat menarik. Maka dari itu, McNiven menyarankan kita untuk tak berpakaian saat berolahraga.

"Kita berusaha untuk merasa lebih baik, menjadi sehat, dan mencapai tujuan tubuh kita," katanya.

Ilustrasi olahraga tanpa busana - (Pixabay/StockSnap)
Ilustrasi olahraga tanpa busana - (Pixabay/StockSnap)

Menurutnya, satu-satunya cara untuk mengingatkan kita mencapai tujuan itu adalah dengan melepas pakaian.

"Kamu dipaksa untuk memperhatikan tubuhmu dan bertatap muka dengan dirimu sendiri, melihat dengan jelas seperti apa dirimu," ujar McNiven. "Dengan melakukan ini secara konsisten, kamu akan terbiasa pada tubuhmu dan perlahan-lahan menjadi lebih nyaman dengan diri sendiri."

2. Perhatikan progresmu

Saat melihat dirimu benar-benar telanjang di cermin, McNiven berpendapat, kamu akan bisa mengikuti progresmu.

"Tidak ada tempat untuk bersembunyi ketika kamu tidak mengenakan pakaian, dan dengan mengetahui seluk beluk bentuk tubuhmu saat telanjang, kamu akan melihat perubahan yang paling kecil sekalipun," terang McNiven. "Ini akan membantumu tetap termotivasi dan menunjukkan pada dirimu sendiri bahwa kerja kerasmu membuahkan hasil."

3. Terus lakukan latihan yang rutin

"Tanpa pakaian, kamu bisa melihat kelompok-kelompok otot yang berbeda, yang bekerja saat kamu berolahraga," kata McNiven. "Kamu jadi bisa benar-benar melihat seberapa kuat dirimu, membayangkan manfaat dari setiap latihan yang kamu lakukan, dan mengagumi betapa fantastisnya tubuh manusia sebenarnya."

Ilustrasi olahraga tanpa busana - (Pixabay/Claudio_Scott)
Ilustrasi olahraga tanpa busana - (Pixabay/Claudio_Scott)

4. Biarkan seluruh tubuhmu bernapas

Tahukah kamu? Berolahraga dengan mengenakan pakaian berteknologi tinggi sekalipun sebenarnya bisa menyumbat kulit. Menurut McNiven, setiap kain yang bersentuhan dengan tubuh menghalangi kulitmu bernapas.

"Telanjang memberi kulitmu kesempatan untuk bernapas," tambah McNiven. "Ketika kamu berkeringat, tubuhmu melepaskan racun, dan dengan mengenakan pakaian olahraga yang ketat, kamu benar-benar melemahkan kulitmu dengan menyerap kembali keringat yang dikeluarkan oleh tubuh."

5. Lebih fleksibel

Tanpa busana, tubuhmu akan lebih fleksibel, dan menurut McNiven, memungkinkanmu untuk benar-benar memaksimalkan latihan. McNiven mengatakan, cara ini juga bisa membakar lebih banyak kalori.

Berita Terkait

Berita Terkini