Info

Makanan Bisa Pengaruhi Kualitas Tidur? Simak Kata Pakar

Pakar menyarankan menghindari beberapa makanan yang dapat memengaruhi kualitas tidur.

Vika Widiastuti

Makanan pedas. (shutterstock)
Makanan pedas. (shutterstock)

Himedik.com - Tak jarang saat hendak tidur, tiba-tiba rasa lapar muncul. Namun, saat hendak makan, Anda baiknya menimbang menu makanan apa yang baik disantap agar justru tidak membuat perut 'keroncongan'.

Sebab, menurut dr. Charles Bae, seorang pakar gangguan tidur, makanan yang dikonsumsi dapat memengaruhi kualitas tidur. Ia pun menyarankan menghindari beberapa makanan yang dapat memengaruhi kualitas tidur, seperi makanan pedas.

Lantas, bagaimana makanan dapat memengaruhi kualitas tidur?

“Ketika memejamkan mata, biasanya Anda tak akan langsung tertidur pulas. Ada beberapa tahapan tidur yang Anda lalui sampai akhirnya tertidur pulas. Tahap pertama tidur disebut dengan tidur “ayam”. Anda mungkin masih setengah sadar dan bisa mendengar sedikit-sedikit suara di sekitar Anda,” jelas dr. Charles Bae seperti dikutip dari rilis Hellosehat, Senin (11/3/2019).

Selanjutnya masuklah ke tahap yang lebih dalam, tapi belum begitu pulas. Pada saat ini aktivitas otak mulai melambat. Barulah tahap ketiga, yaitu tertidur pulas.

Tahapan tidur tidak berhenti di tahap ketiga. Terdapat tahap keempat yang disebut REM (rapid eye movement), di mana Anda biasanya mulai bermimpi. Ini karena pada tahap REM, otak yang tadinya melambat kembali aktif. Namun, otot-otot Anda tetap melemas dan beristirahat.

Pada tahap REM inilah biasanya otak akan bereaksi terhadap makanan yang dikonsumsi sebelum Anda tidur sebab fase ini terjadi kira-kira 90 menit setelah tahap tidur “ayam”. Pada saat ini pula makanan yang tadi Anda makan mulai dicerna dan diserap oleh tubuh.

“Maka, beragam zat dan kandungan dalam makanan pun mulai bereaksi dalam tubuh sehingga  dapat pengaruhi kualitas tidur,” bebernya. (Suara.com/Vessy Dwirika Frizona)

Berita Terkait

Berita Terkini