Info

Pernah Cium Kaporit di Kolam Renang? Awas Bisa Jadi Pertanda Buruk

Apakah kamu sering cium bau kaporit di kolam renang?

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

Berenang dengan pasangan - (Pixabay/StockSnap)
Berenang dengan pasangan - (Pixabay/StockSnap)

Himedik.com - Saat berenang di kolam renang, pernahkah kamu mencium bau kaporit yang super tajam?

Yap, bau kaporit adalah salah satu aroma yang langsung dikenali. Melansir dari mirror, bau kaporit yang kuat tidak menunjukkan kadar kaporit yang tinggi sama sekali, menurut National Swimming Pool Foundation (NSPF).

Para ahli di Dewan Kualitas dan Kesehatan Air, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS dan NSPF mengatakan bahwa kolam renang yang dirawat dengan benar tidak memiliki bau kimia yang kuat.

Ketika klorin dalam air kolam bercampur dengan urine, feses, keringat, dan kotoran dari tubuh perenang, campuran tersebut menghasilkan iritasi kimia yang disebut kloramin.

Itu adalah kloramin yang mengeluarkan bau yang akrab, yang sebenarnya menggunakan kaporit dan menyebabkan mata perih dan memerah.

Wanita berenang - (Pixabay/jackmac34)
Wanita berenang - (Pixabay/jackmac34)

 

Itu berarti tidak ada banyak cara perlindungan dari kuman.

"Dapat dimengerti mengapa kebanyakan orang berpikir bahwa bau kimia berarti ada terlalu banyak klorin di kolam, tetapi kebenarannya bisa menjadi kebalikannya," kata Chris Wiant, Ketua Dewan Kualitas dan Kesehatan Air.

"Untuk membantu mencegah terbentuknya kloramin di tempat kamu berenang, cobalah untuk mandi sebelum berenang," pungkasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini