Info

Benarkah Cuka Rebus Bisa Menghilangkan Bau Ruangan?

Simak penjelasannya.

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

Cuka putih. (Pixabay/StockSnap)
Cuka putih. (Pixabay/StockSnap)

Himedik.com - Cuka sudah menjadi salah satu bahan pokok rumah tangga dan telah lama digunakan sebagai disinfektan yang efektif. Menurut cerita rakyat China, bahkan uap dari cuka bisa membunuh kuman di udara.

Melansir dari nextshark, kepercayaan itu muncul ketika wabah pneumonia menyerang wilayah Guangdong pada 2003.

Menurut sebuah penelitian, cuka rebus tidak bisa menjernihkan udara. Asam asetat, komponen aktif cuka, mampu membunuh patogen, tetapi hanya melalui kontak langsung.

Sebuah studi tahun 2000 yang diterbitkan dalam jurnal Infection Control dan Hospital Epidemiology menunjukkan cuka dapat menghilangkan Staphylococcus aureus yang menyebabkan berbagai penyakit, misalnya masalah kulit hingga penyakit yang mengancam jiwa.

Kontak langsung dengan 10% kadar cuka juga dapat menonaktifkan influenza A, menurut sebuah studi 2010 yang diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE.

Studi lain pada 2014 yang diterbitkan dalam jurnal mBio mengungkapkan cuka dapat membunuh Mycobacterium tuberculosis, bakteri penyebab tuberculosis (TB) pada manusia.

Cuka putih. (Pixabay/Alexas_Fotos)
Cuka putih. (Pixabay/Alexas_Fotos)

Menurut para peneliti, patogen terbunuh setelah 30 menit paparan asam asetat 6%. Menariknya, uap cuka juga telah digunakan sebagai disinfektan di Barat, seperti dalam kasus wabah ternak di Montpellier, Prancis.

Pada saat itu, Fakultas Kedokteran merekomendasikan pengasapan sapi menggunakan uap.

Namun, belum ada penelitian ilmiah yang mengevaluasi efisiensi uap cuka sebagai pembunuh influenza, apalagi pembersih udara.

Uap cuka sebaiknya digunakan sebagai pewangi. Amanda Sims, seorang editor mendidihkan cuka putih di atas kompor untuk menghilangkan aroma dapur yang kurang enak.

“Saya mencobanya setelah memasak sup dengan sosis di dalamnya. Baunya sebenarnya enak tetapi masih ada di dapur selama beberapa hari dan saya benar-benar berpikir cuka bisa membantu menghilangkan bau ruangan.

'Ketika saya meninggalkan rumah, saya hanya mematikan kompor dan membiarkannya duduk, lalu pulang ke apartemen yang berbau, dan luar biasa, ruangannya tidak berbau lagi, ” katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini