Info

Cek, Ini 7 Tanda Buktikan Kamu Tidak Sehat

Cek kesehatan sederhana di sini.

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

Ilustrasi mata panda (Unplash/Jordan Whitfield)
Ilustrasi mata panda (Unplash/Jordan Whitfield)

Himedik.com - Olahraga, makanan sehat, cepat saji atau jenis makanan lain sering dikaitkan dengan kesehatan. Namun, sebenarnya kesehatan lebih dari sekadar itu.

Seorang yang benar-benar sehat berarti seseorang yang memiliki perasaan kesejahteraan fisik, mental dan sosial untuk menjalani suatu kehidupan.

Di sisi lain, kelebihan atau kekurangan berat badan juga dikaitkan dengan masalah kesehatan. Dilansir dari medicaldaily, ada 7 tanda lain yang membuktikan seseorang tidak sehat.

1. Mendengkur
Mungkin kamu hanya berpikir ini adalah tindakan yang memalukan. Namun, sebenarnya ini juga merupakan tanda kamu tidak sehat.

Faktanya, mendengkur dikaitkan dengan berbagai kondisi kesehatan, termasuk sleep apnea, penyakit jantung dan bahkan stroke.

2. Jerawat
Kulit berjerawat juga merupakan tanda lain kamu tidak sehat. Misalnya, jerawat di dagu berarti kamu harus makan lebih sehat, sedangkan jerawat di dahi berarti kita membutuhkan tidur dan kebersihan yang lebih baik.

3. Warna mata putih yang tidak jernih
Warna mata putih menjadi tanda bahwa kesehatanmu dalam keadaan baik. Jika tidak, seseorang mungkin mengalami komplikasi pada saluran empedu, kantung empedu, hati atau pankreas.

Warna kekuning-kuningan juga bisa tanda kamu kurang minum air. Sementara itu, jika berwarna merah berarti kamu kurang tidur dan kelelahan.

Kuku tangan. (pixabay)
Kuku tangan. (pixabay)

 

4. Kuku
Warna kekuningan pada kuku diyakini disebabkan oleh penumpukan cairan dan sirkulasi tubuh yang tidak memadai.

5. Gas berlebih
Gas berlebihan dalam tubuh bisa menjadi tanda sindrom iritasi usus, intoleransi laktosa, dan penyakit seliaka.

6. Lelah terus-menerus
Jika kelelahan terus terjadi, ini berarti kamu menderita kekurangan zat besi, terlalu sedikit berolahraga dan bahkan dehidrasi.

7. Urine
Warna, bau, dan kepadatan urine dapat mengungkapkan apa yang terjadi di tubuh kita. Dalam hal ini, urin yang berwarna lebih gelap atau memiliki aroma yang kuat berarti kamu harus memeriksakan diri ke dokter secepat mungkin.

Berita Terkait

Berita Terkini