Info

Selain Jalan Kaki, Ini 5 Cara Sederhana Kurangi Kembung

Lihat juga teknik sederhana pijat perut di sini.

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

Ilustrasi perut kembung. (pixabay)
Ilustrasi perut kembung. (pixabay)

Himedik.com - Perut kembung adalah ketika perut terasa penuh dan kencang. Ini biasanya terjadi karena penumpukan gas di saluran gastrointestinal (GI).

Kembung menyebabkan perut terlihat lebih besar dari biasanya dan mungkin juga terasa lunak atau sakit. Retensi cairan dalam tubuh juga bisa menyebabkan kembung.

Kembung terjadi karena beberapa alasan, misalnya masalah pencernaan, diet dan perubahan hormon.

Berikut beberapa kiat yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi kembung, dilansir dari medicalnewstoday.

1. Jalan kaki

Aktivitas fisik dapat membuat usus bergerak lebih teratur yang dapat membantu melepaskan kelebihan gas. Berjalan di sekitar rumah dapat membantu mengatasi hal ini.

2. Coba pose yoga

Pose yoga tertentu seperti pose bayi bisa memposisikan otot-otot di perut dengan cara yang mendorong pelepasan gas berlebih dari saluran GI.

Jalan santai. (pixabay)
Jalan santai. (pixabay)

 

3. Gunakan kapsul peppermint

Kapsul minyak peppermint juga dapat membantu gangguan pencernaan. Produsen biasanya memasarkannya sebagai pengobatan untuk gejala sindrom iritasi usus besar, tetapi orang-orang tanpa IBS juga dapat menggunakannya untuk meredakan kembung.

4. Pijat perut

Memijat perut dapat membantu menggerakkan gas dalam perut. Pijatan yang mengikuti jalur usus besar sangat membantu.

Berikut langkah-langkahnya. Pertama, menempatkan tangan tepat di atas tulang pinggul kanan. Kemudian gosok dengan gerakan memutar dengan tekanan ringan ke arah sisi kanan tulang rusuk.

Gosok lurus melintasi area perut atas ke arah tulang rusuk kiri. Lalu bergerak perlahan ke bawah menuju tulang pinggul kiri. Ulangi jika perlu.

5. Mandi air hangat, berendam dan rileks

Rasa panas saat berendam dapat memberikan bantuan untuk rasa kembung. Relaksasi dapat mengurangi tingkat stres yang memungkinkan saluran GI berfungsi lebih efektif dan membantu mengurangi kembung.

Berita Terkait

Berita Terkini