Info

Buang Air Kecil Lebih dari 4 Kali Sehari, Ternyata Tanda 5 Penyakit Kronis!

Keseringan buang air kecil atau kencing bisa jadi tanda penyakit kronis.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Buang air kecil terlalu sering hingga melewati batas normal bisa jadi tanda penyakit kronis (Suara.com/Shutterstock)
Buang air kecil terlalu sering hingga melewati batas normal bisa jadi tanda penyakit kronis (Suara.com/Shutterstock)

Himedik.com - Berapa kali kamu buang air kecil dalam sehari? Ternyata terlalu sering kamu buang air kecil bisa menjadi tanda suatu penyakit kronis. Seseorang bisa dikategorikan sering buang air kecil jika sehari kencing lebih dari batas normalnya, yakni 4 kali.

Keseringan buang air kecil pastinya akan membuat tidak nyaman. Selain itu, buang air kecil lebih dari 4 kali sehari juga bisa menjadi masalah utama atau gejala dari masalah lainnya.

Ada sejumlah kondisi yang membuat seseorang keseringan buang air kecil, seperti sedang hamil atau faktor usia. Tetapi, keseringan buang air kecil ini juga bisa menjadi tanda-tanda sejumlah penyakit serius.

Melansir dari cleveandclinic.org, ada sejumlah penyakit kronis yang membuat seseorang lebih sering kencing selain karena hamil dan faktor usia.

Keseringan buang air kecil bisa jadi tanda penyakit (Suara.com/Shutterstock)
Keseringan buang air kecil bisa jadi tanda penyakit (Suara.com/Shutterstock)

1. Infeksi saluran kemih (ISK)

Peradangan yang disebabkan oleh infeksi menurunkan kemampuan kandung kemih untuk menahan urine. Karena itu, penyakit ini membuat penderitanya lebih sering buang air kecil dari biasanya atau batas normal.

2. Diabetes

Sering buang kecil lebih dari 4 kali sehari bisa juga menjadi tanda penyakit diabetes tipe 1 dan tipe 2.

3. Stroke

Stroke tak hanya merusak saraf di bagian kepala, tetapi juga saraf di kandung kemih. Akibatnya, seseorang akan lebih sering buang air kecil sebagai gejala awal terserang stroke.

4. Kanker kandung kemih

Keseringan buang air kecil dari batas normal juga menyebabkan kanker kandung kemih. Gejala umum lainnya biasanya air kencing disertai darah.

5. Tumor panggul

Penyebab lain dari seseorang keseringan buang air kecil hingga melewati batas normal bisa jadi tanda ia menderita tumor panggul.

Karena itu, sebaiknya segera berkonsultasi pada dokter ahli ketika kamu sudah keseringan buang air kecil dari hari biasanya atau batas wajar.

Berita Terkait

Berita Terkini