Info

Selain Alkohol, 5 Minuman Ini Juga Picu Kanker dan Penyakit Kronis

Ada sejumlah minuman sehari-hari yang bisa meningkatkan risiko kanker dan penyakit kronis.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi teh hijau. (pixabay/rawpixel)
Ilustrasi teh hijau. (pixabay/rawpixel)

Himedik.com - Penyebab seseorang menderita kanker tidak hanya karena faktor keturunan atau gaya hidup. Minuman yang sering dikonsumsi sehari-hari nyatanya juga bisa memicu kanker ganas dan penyakit kronis.

Perlu diketahui bahwa semua orang memiliki risiko kanker meskipun tidak memiliki garis keturunan penderita kanker. Karena, setiap orang memiliki sel kanker dalam tubuh yang bisa berkembang sesuai dengan gaya hidup masing-masing.

Melansir dari UT Southwestern Medical Center, minuman yang dikonsumsi sehari-hari pun bisa saja menyebabkan masalah kesehatan serius, termasuk meningkatkan risiko kanker.

Selain alkohol, berikut 5 jenis minuman yang berisiko meningkatkan risiko kanker.

1. Kopi

Beberapa penelitian memang menyatakan minum kopi secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2 dan penyakit Alzheimer. Tetapi, peneliti tidak menyarankan kopi menjadi pilihan pengobatan kanker.

American Institute for Cancer Research menemukan seseorang yang terlalu sering minum kopi lebih cederung berisiko terserang kanker endometrium dan kanker hati.

Gejala seseorang menderita kanker yang sering disepelekan (Pexels/ Miguel Á. Padriñán)
Minuman penyebab kanker (Pexels/ Miguel Á. Padriñán)

2. Teh Hijau

Sama seperti kopi, teh hijau yang mengandung katekin sejenis antioksidan juga dipercaya mampu mencegah kanker. Hal itu dibuktikan dalam penelitian laboratorium bahwa katekin dapat memperlambat atau mencegah tumbuhnya sel kanker.

Tetapi, peneliti tetap saja menyarankan agar seseorang tak mengandalkan teh hijau sebagai pengobatan alami penderita kanker karena berkaca dari penelitian sebelumnya.

3. Minuman Energi

Meskipun belum ada hubungan ilmiah antara minuman energi dengan kanker, sejumlah dokter menyarankan untuk menghindari kafein dan gula penyebab kanker.

Kedua bahan itu tentu saja terdapat dalam minuman energi. Karena bukti terbaru telah menemukan keterkaitan antara kebiasaan konsumsi minuman energi dengan kelainan jantung dan kejang.

4. Soda

Para peneliti di Fakultas Kedokteran Johns Hopkins menemukan bahwa pewarna karamel dalam soda terbukti menyebabkan atau meningkatkan risiko kanker.

5. Air Botol

Penelitian terbaru juga telah membuktikan bahwa minuman kemasan dapat mengganggu hormon dan menyebabkan kanker.

National Cancer Institue pun mendukung penelitian tersebut bahwa ada keterkaitan antara kebiasaan konsumsi minuman kemasan dengan kanker.

Berita Terkait

Berita Terkini