Info

Sukseskan Diet, Ini 5 Buah yang Bisa 'Ganjal' Perut

Ketahui lima buah pengganjal perut yang tidak bikin berat badan naik.

Vika Widiastuti

Ilustrasi buah-buahan. (Pixabay/silviarita)
Ilustrasi buah-buahan. (Pixabay/silviarita)

Himedik.com - Kebanyakan orang melakukan diet dengan cara mengurangi porsi makan. Namun, kerap kali justru membuat perut keroncongan dan badan lemas. 

Hal ini malah bisa membuat diet gagal total karena tubuh kekurangan energi. Nah, saat rasa lapar menyerang siasasi dengan menyiapkan lima buah untuk diet pengganjal perut yang tidak bikin berat badan naik dilansir Hello Sehat:

Ilustrasi alpukat tanpa biji (Shutterstock)
Ilustrasi alpukat .(Shutterstock)

1. Alpukat

Mau dibuat jus, salad, atau roti isi, alpukat adalah buah yang paling mudah untuk diolah. Alpukat mengandung asam oleat, jenis lemak tak jenuh tunggal yang dapat meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan yang Anda makanan hinga 15 kali lipatnya. Kandungan lemak tak jenuh ini juga ikut membantu menghentikan resistensi insulin untuk mengontrol kadar gula darah, yang bisa mencegah Anda merasa lemas dan kelaparan saat diet.

Selain itu, alpukat tinggi kandungan serat dan air untuk membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

2. Jeruk

Ilustrasi manfaat jeruk untuk perempuan. (Shutterstock)
Ilustrasi manfaat jeruk untuk perempuan. (Shutterstock)

Vitamin C dalam buah jeruk membantu mengubah lemak menjadi energi. Selain itu, buah jeruk memiliki sifat diuretik alami yang bisa membantu membersihkan usus dari sisa makanan yang menumpuk dalam usus. Logikanya, semakin banyak sisa makanan yang mengeras dan menumpuk di usus, bobot badan Anda makin bertambah.

Alasan lain kenapa buah jeruk cocok dijadikan camilan buah untuk diet adalah jeruk amat rendah kalori sehingga tidak akan memicu kenaikan berat badan, dan rasa asamnya juga dilaporkan membantu meredam rasa lapar. Manfaat lainnya dari buah jeruk adalah mengurangi terjadinya resistensi insulin dan kelainan metabolik yang menyebabkan penyakit kronis.

Anda bisa menikmati satu buah jeruk ukuran sedang sekitar 30 menit sebelum makan untuk membantu membuat kenyang lebih lama.

3. Apel

Makan buah apel bermanfaat bagi seksualitas perempuan. (Shutterstock)
Makan buah apel bermanfaat untuk diet. (Shutterstock)

Satu buah apel besar dengan kulitnya mengandung 5 gram serat, dua kali lebih banyak daripada apel yang sudah dikupas. Jadi begitu rasa lapar mulai menghantui, kunyah apel saja sampai waktu makan selanjutnya tiba. Jangan lupa untuk mencucinya terlebih sebelum melahapnya, ya!

Dilansir dari Live Strong, penelitian terbitan Nutrition Journal menunjukkan bahwa anak dan remaja yang rutin makan buah apel memiliki risiko diabetes yang lebih rendah dibanding anak yang tidak suka makan apel.

4. Berbagai jenis buah beri

Ilustrasi. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi. (Sumber: Shutterstock)


Ngemil lebih banyak buah-buahan beri (buah buni) seperti anggur, blackcurrant, acai berry, kesemek, goji berry, raspberry, stroberi, blackberry, blueberry, cranberry, arbei, tomat, timun, terong, pisang, semangka, hingga labu bisa membantu Anda kenyang lebih lama saat diet. Pasalnya, buah-buahan ini mengandung serat khusus yang tidak mudah dipecah menjadi kalori.

Selain itu, jenis buah-buahan ini juga mengandung antioksidan yang membantu tubuh menangkal radikal bebas serta mencegah peradangan pada tubuh. Dilansir dari laman Harvard Medical School, memperbanyak makan buah-buahan beri dapat membantu menjaga berat badan dan menurunkan risiko penyakit jantung dibandingkan jika Anda tidak memakannya sama sekali.

5. Buah persik

Buah persik (shutterstock)
Buah persik (shutterstock)

Persik membantu menjaga pencernaan Anda tetap sehat karena kandungan serat dan mineralnya. Selain itu, persik juga cocok dijadikan buah untuk diet karena mengandung sedikit kandungan kalori tapi mengandung banyak air. Kombinasi tinggi serat, mineral dan air dari persik ini membuat perut Anda kenyang lebih lama.

Jadi daripada Anda terus membayangkan enaknya kentang goreng, untuk Anda yang diet lebih baik Anda makan buah pengganjal perut yang segar, lebih sehat dan mengenyangkan ini. (Suara.com/Silfa Humairah Utami)

Berita Terkait

Berita Terkini