Info

Jangan Sepelekan, 5 Perabotan Rumah Tangga Ini Bisa Picu Kanker!

Ternyata ada sejumlah perabotan rumah tangga yang digunakan sehari-hari bisa memicu kanker.

Agung Pratnyawan | Shevinna Putti Anggraeni

Perabotan rumah tangga yang menyebabkan kanker (Pixabay/ErikaWittlieb)
Perabotan rumah tangga yang menyebabkan kanker (Pixabay/ErikaWittlieb)

Himedik.com - Selama ini banyak orang mengira kanker disebabkan keturunan atau gaya hidup. Padahal beberapa perabotan rumah tangga mungkin saja menyebabkan seseorang menderita kanker.

Sebagian besar orang mungkin belum mengetahui kalau ada perabotan rumah tangga yang memicu kanker. Faktanya, perabotan rumah ini sering digunakan untuk makan, bermain atau sekadar bersantai.

Melansir dari cheatsheet.com, berikut ini perabotan rumah yang bisa membuat kamu berisiko terserang kanker.

1. Tirai kamar mandi

Janganlah membeli tirai kamar mandi ini dalam jumlah yang banyak karena bisa menyebabkan kanker. Sebab, tirai jenis ini mengandung PVC (polivinil klorida) dan VOC (senyawa organik yang mudah menguap).

Para peneliti pun menyarankan untuk mengganti tirai jenis ini dengan tirai rami, linen atau katun shower. Karena, bisa saja ada zat kimia beracun yang terolah dengan baik ketika pembuatan tirai tersebut yang menyebabkan kanker.

Tirai kamar mandi bisa menyebabkan kanker (Pixabay/susannp4)
Tirai kamar mandi bisa menyebabkan kanker (Pixabay/susannp4)

 

2. Cangkir styrofoam

Pada 2014 silam, cangkir jenis ini dinilai mengandung karsinogen yang biasa ditemukan dalam plastik dan lemari es. Karena itu penggunaan cangkir styrofoam yang terlalu sering bisa saja menyebabkan kanker.

Sebaiknya ganti cangkir styrofoam ini dengan gelas kertas yang lebih aman untuk digunakan minum.

3. Buku-buku

Bagi kamu yang suka mengoleksi buku harap waspada karena buku-buku lama bisa menyebabkan seseorang berisiko terserang kanker. Hal tersebut disebabkan oleh bahan kimia yang digunakan untuk mensterilkan buku tersebut.

Selain itu, zat-zat kimia dari kertas buku lama tersebut bisa saja semakin lama menjadi beracun dan menyebabkan kanker.

4. Isolasi

Penggunaan isolasi bukan suatu hal yang salah, tetapi perlu diketahui kalau barang yang selalu ada di rumah ini bisa memicu kanker.

Program Toksikologi Nasional telah membuktikan kalau zat yang ada dalam isolasi bisa menyebabkan kanker seiring berjalannya waktu, terlebih jika pekerjaan seseorang setiap hari berurusan dengan isolasi.

5. Karpet

Karpet mengandung formaldehyde, aseton dan flame retardants yang bisa menyebabkan kanker.

Sebagian besar karpet juga mengandung karsinogenik penyebab kanker. Sebab zat itu bisa saja masuk ke dalam tubuh melalui hidung atau mata ketika sedang bersantai.

Berita Terkait

Berita Terkini