Info

Perubahan pada Kuku Bisa Jadi Tanda Kondisi Kesehatan, Cek Sekarang!

Cek kuku Anda sekarang!

Vika Widiastuti

Perubahan kuku bisa jadi tanda penyakit (Suara.com/Shutterstock)
Perubahan kuku bisa jadi tanda penyakit (Suara.com/Shutterstock)

Himedik.com - Saat melakukan menicure dan pedicure, jangan hanya fokus mempercantik kuku, tetapi Anda juga perlu memperhatikan perubahan pada kuku karena bisa menjadi tanda kondisi kesehatan tertentu. 

Berikut adalah beberapa perubahan pada kuku yang harus Anda waspadai seperti dilansir Suara.com dari laman Medical Daily

1. Kuku pucat
Kuku yang sehat ditandai dengan warna bagian dalam kuku yang cenderung merah muda. Namun jika warnanya pucat, maka hal ini bisa menunjukkan bahwa Anda sedang mengalami kekurangan gizi, anemia, gangguan liver, hingga gagal jantung bawaan. Segeralah konsultasikan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.

2. Bercak putih
Jika Anda menemukan adanya corak putih di bagian dalam kuku, itu bukan berarti ada yang sedang merindukan Anda seperti mitos yang selama ini beredar, ya. Corak putih di kuku bisa menandakan bahwa Anda sedang mengalami penyakit di hati seperti hepatitis. Tak ada salahnya menemui dokter untuk mengetahui penyebab pastinya.

Bintik putih di kuku. (unsplash)
Bintik putih di kuku. (unsplash)

3. Kuku berwarna kebiruan
Kuku dengan semburat biru di dalamnya bisa menandakan bahwa tubuh Anda tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Selain itu, kondisi ini juga bisa menjadi tanda bahwa Anda mengalami masalah di bagian jantung hingga paru-paru.

4. Kuku berwarna kuning
Kuku yang berwarna kuning biasanya menandakan bahwa Anda mengalami infeksi jamur. Ketika kondisinya semakin memburuk, permukaan kuku juga bisa hancur. Selain itu, kuku kuning juga bisa menandakan bahwa Anda mengidap penyakit paru-paru, diabetes, atau penyakit tiroid.

5. Garis hitam
Jangan sepelekan garis hitam di bawah kuku Anda. Pasalnya, hal ini bisa mengarah pada gejala melanoma, yakni jenis kanker kulit yang paling berbahaya.

Tentu saja, tidak semua kelainan kuku berbahaya. Namun yang penting adalah Anda memiliki kesadaran penuh untuk mengonsultasikannya jika terjadi perubahan yang tak wajar. (Suara.com/Firsta Nodia)

Berita Terkait

Berita Terkini