Info

Puasa Hari Pertama, Penderita Maag Harus Hindari Makanan dan Minuman Ini

Penderita maag bukan berarti tidak boleh menjalankan ibadah puasa, kok.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni

Gangguan lambung. (Shutterstock)
Gangguan lambung. (Shutterstock)

Himedik.com - Puasa Ramadan 2019 bukan berarti harus dihindari oleh orang dengan keluhan maag atau tukak lambung. Penderita maag hanya perlu menghindari beberapa makanan dan minuman agar puasa tetap berjalan lancar.

Seperti yang kita tahu penderita tukak lambung akan merasa nyeri atau perih jika kondisi perut sedang kosong karena artinya kadar asam meningkat. Hal itulah yang membuat penderita tukak lambung cemas merasa kesakitan ketika menjalankan ibadah puasa.

Namun, menjalankan ibadah puasa nyatanya juga tak akan menyiksa penderita tukak lambung. Hal itu tentu selama penderita tukak lambung mengonsumsi makanan dan minuman yang benar.

Selain mengontrol makanan dan minuman yang dikonsumsi, penderita tukak lambung juga harus pandai mengatur waktu makannya selama berpuasa.

Seseorang harus berhenti makan 3-4 jam sebelum tidur untuk memberikan sistem pencernaan beristirahat yang cukup. Sehingga, lebih baik hindari makanan berat setelah shalat tarawih karena berdekatan dengan waktu istirahat.

Ilustrasi puasa (Shutterstock)
Ilustrasi puasa (Shutterstock)

Melansir dari thestar.com, berikut ini makanan dan minuman yang harus dihindari penderita tukak lambung selama bulan puasa.

  1. Makanan berlemak dan digoreng, seperti gorengan.
  2. Buah-buahan mengandung asam, seperti jeruk, lemon, limau, tomat.
  3. Makanan pedas dan kalengan terutama berbasis tomat.
  4. Makanan dengan kandungan gula tinggi dan karbohidrat olahan.
  5. Minuman berkafein, seperti teh, kopi, soda dan lainnya.
Minum kopi di pagi hari seperti Reino Barack ternyata memberikan 5 manfaat mengejutkan, salah satunya turunkan risiko kematian (Pixabay/cocoparisienne)
Minum kopi di pagi hari seperti Reino Barack ternyata memberikan 5 manfaat mengejutkan, salah satunya turunkan risiko kematian (Pixabay/cocoparisienne)

Adapun makanan dan minuman yang seharusnya dikonsumsi penderita tukak lambung agar lebih nyaman dan kuat menjalankan ibadah puasa antara lain:

  1. Karbohidrat atau makanan yang lambat dicerna agar lebih bertahan lama dan mengurangi rasa lapar.
  2. Kurma, almond, pisang
  3. Minum jus buah non-asam atau minuman tinggi kandungan kalium.

Meski begitu, penderita tukak lambung juga tidak boleh makan terlalu berlebihan ketika berbuka puasa maupun sahur. Usahakan tidak terlambat makan saat berbuka puasa.

Berita Terkait

Berita Terkini